Profil Jemi Trisonjaya, Sosok Marsekal Muda yang Jadi Jenderal Intelijen

Senin, 06 Februari 2023 - 14:14 WIB
Jemi Trisonjaya merupakan Marsekal Muda (Marsda) TNI yang kini mejabat Wakil Badan Intelijen Strategis (Wakabais). Foto DOK TNI AU
JAKARTA - Jemi Trisonjaya merupakan Marsekal Muda (Marsda) TNI yang kini mejabat Wakil Badan Intelijen Strategis (Wakabais). Selama menjadi prajurit TNI Angkatan Udara , ia juga pernah menjadi pilot pesawat tempur A-4 Skyhawk.

Diketahui sebelumnya, pada 25 Maret 2022 lalu, setidaknya terdapat 113 perwira yang dimutasi dan ada juga yang mendapatkan promosi jabatan strategis di tubuh TNI.

Salah satu jabatan yang telah mengalami perubahan kepemimpinan adalah Wakil Badan Intelijen Strategis (Wakabais) TNI yakni Mayjen Cahyono Cahya Angkasa yang telah digantikan oleh Marsda Jemi Trisonjaya.

Baca juga : Ini 3 Jenderal TNI yang Punya Brevet Wing AU dan Kopassus

Marsda TNI Jemi Trisonjaya merupakan pria yang lahir di Bandung pada tanggal 30 April 1967. Sebelu mejabat Wakabais, dia adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Udara yang sangat berpengalaman.



Selama menjadi prajurit TNI Angkatan Udara, ia juga pernah menjadi pilot pesawat tempur A-4 Skyhawk. Hal tersebut dikarenakan dirinya merupakan lulusan dari Akademi Angkatan Udara pada tahun 1989 dengan satuan Korps Penerbang (Tempur).

Jabatan penting Jemi bermula ketika ia ditunjuk menjadi Kadisopslatau ke-3 dengan masa jabatan 22 Mei 2018 -19 Maret 2019. Pada saat itu ia menggantikan Marsekal Madya TNI (Purn)Tamsil Gustari Malik.

Pada 19 Maret 2019, Jemi dimutasi jabatan menjadi Wadan Seskoal dengan masa jabatan sampai dengan 21 Oktober 2020. Jabatan tersebut menggantikan pendahulunya yakni Marsekal Madya TNI Kusworo.

Baca juga : 3 Jenderal TNI AU yang Pernah Menjabat Sebagai Panglima TNI, Terakhir KSAU Pertama di Indonesia
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More