UEA Kirim Penjelajah Mars pada 2021

Minggu, 10 Mei 2015 - 10:21 WIB
UEA Kirim Penjelajah Mars pada 2021
UEA Kirim Penjelajah Mars pada 2021
A A A
Uni Emirat Arab (UEA) bertekad mengirimkan penjelajah antariksa tanpa awak pertama dari Arab ke Mars pada 2021. Kendaraan penjelajah antariksa itu akan dinamakan ”Hope” atau ”Harapan”.

”Hope akan meninggalkan Bumi pada 2020 dalam misi yang didesain untuk melakukan pekerjaan sains dari beberapa misi lain dan mengisi kekosongan penting dalam pengetahuan manusia,” papar pernyataan otoritas UEA, dikutip kantor berita AFP . Wakil Presiden UEA dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, menjelaskan, ”Misi ini mewakili harapan jutaan pemuda Arab yang mencari masa depan lebih baik.” Hope memiliki ukuran dan bobot sama seperti mobil ukuran kecil.

Kecepatannya mencapai 126.000 kilometer perjam dalam perjalanan sejauh 600juta kilometer dengan waktu tempuh sekitar 200 hari. Kendaraan antariksa itu akan mengorbit di Mars hingga 2023 dan mengirim data kembali untuk dianalisa para pakar di UEA dan dibagikan pada lebih dari 200 institusi di penjuru dunia.

”Ini orbit unik dan instrumen akan menghasilkan berbagai jenis data baru yang memungkinkan para peneliti membangun model holistik paling tepatuntuk pertama kali tentang atmosfer Planet Merah. Model-model ini akan membantu komunitas peneliti Mars global untuk mengungkap lebih banyak misteri PlanetMerah, sepertimengapaatmosfer Mars menghilang ke angkasa hingga sekarang atmosfernya terlalu tipis untuk mempertahankan air yang ada di permukaan planet,” demikian paparan UEA.

Pemerintah UEA meluncurkan rencana pada Oktober tahun lalu untuk mengirim penyelidik tanpa awak ke Mars pada 2021. Juli tahun lalu Pemerintah UEA menyatakan, investasi UEA dalam teknologi antariksa telah mencapai USD5,4 miliar. UEA yang terbentuk pada 1971 akan menjadi negara kesembilan di dunia dengan program antariksa untuk mengeksplorasi Planet Merah.

Syarifudin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8170 seconds (0.1#10.140)