Tarian Adat Papua Ramaikan HUT Kopassus

Rabu, 29 April 2015 - 15:27 WIB
Tarian Adat Papua Ramaikan HUT Kopassus
Tarian Adat Papua Ramaikan HUT Kopassus
A A A
JAKARTA - Pertunjukan tari tradisional dari sejumlah daerah memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-63 Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Ada tiga tokoh daerah yang secara khusus membawa rombongan besar penari-penari tradisional dari daerahnya. Di antaranya, Gubernur Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, kepala daerah Kalimantan Utara dan Bupati Mimika, Papua.

Pertunjukan yang dipersembahkan secara khusus bagi Kopassus dimulai dengan Tari Saman yang asli dari Aceh. Kemudian berturut-turut tarian perang suku Dayak Malinau dari Kalimantan Utara.

Terakhir adalah, tarian tradisional yang dipersembahkan oleh suku adat Kamoro dari Kabupaten Mimika, Papua. Ketua suku Kamoro bahkan memimpin langsung tarian adat yang melambangkan kebahagiaan ini.

Seperti pantauan Sindonews di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, sekitar 20 orang berpakaian adat suku Kamoro yang didominasi rumbai-rumbai dan kain merah, membentuk formasi berbaris membentuk empat saf.

Setelah melakukan pengromatan terhadap tamu undangan utama, kepala suku memimpin para penari membentuk formasi melingkar.

Dalam formasi demikian, kepala suku mengajak Pabglima TNI Jenderal Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo untuk bergabung ikut menari.

Ketiganya tampak mengikuti komando kepala suku dan melakukan gerakan melompat dan menggoyang tangan. Setelah melakukan formasi berputar ketiganya kembali ke tempat duduk.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)