Baterai Aluminium Baru Dapat Diisi dalam Semenit

Minggu, 26 April 2015 - 11:30 WIB
Baterai Aluminium Baru Dapat Diisi dalam Semenit
Baterai Aluminium Baru Dapat Diisi dalam Semenit
A A A
Para peneliti Amerika Serikat (AS) telah menciptakan baterai yang fleksibel, murah, dan tahan lama dari aluminium untuk digunakan di smartphone yang dapat diisi daya hanya dalam waktu semenit.

Para peneliti yang menjelaskan temuannya di jurnal Nature menjelaskan, baterai ion aluminium baru itu berpotensi menggantikan baterai ion lithium yang sudah digunakan di jutaan laptop dan telepon mobile. Selain lebih mudah diisi ulang, baterai aluminium baru itu lebih aman dibandingkan baterai ion lithium yang ada saat ini yang sering terbakar.

Para peneliti telah lama mencoba tapi gagal mengembangkan baterai yang terbuat dari aluminium, logam yang ringan dan relatif murah yang memiliki kapasitas penampung daya yang tinggi. Tim yang dipimpin profesor kimia Hongjie Dai di Universitas Stanford di California membuat terobosan dengan secara tidak sengaja menemukan bahwa grafit menjadi pasangan bagus untuk aluminium.

Dalam prototipe, aluminium digunakan untuk membuat anoda negatif dan grafit menjadi bahan untuk katoda positif. Prototipe baterai aluminium itu diisi ulang dalam satu menit. ”Baterai ion lithium dapat menjadi penyebab kebakaran. Baterai baru kami tidak mengakibatkan api, meskipun Anda mengebornya,” ujar Dai.

Baterai baru itu juga sangat fleksibel dan tahan lama. Jika baterai ion lithium bertahan sekitar 1.000 siklus, baterai aluminium baru mampu bertahan lebih dari 7.500 siklus tanpa kehilangan kapasitasnya. Ini juga dapat dibengkokkan atau dilipat. ”Baterai aluminium yang lebih besar dapat juga menyimpan energi terbarukan di jaringan listrik,” kata Dai.

Syarifudin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2765 seconds (0.1#10.140)