Sopir Taksi Ditusuk dan Dirampok

Kamis, 23 April 2015 - 09:19 WIB
Sopir Taksi Ditusuk dan Dirampok
Sopir Taksi Ditusuk dan Dirampok
A A A
JAKARTA - Aksi perampokan taksi kembali terjadi. Sopir taksi bernama Rizky Faizal, 33, ditusuk tiga kali di bagian dada kiri oleh penumpangnya. Dwi Purwanto, 20, sempat membawa kabur taksi, namun akhirnya tertangkap.

Kejadian ini berawal saat taksi yang dikemudikan korban diberhentikan oleh pelaku di Jalan Yos Sudarso, Koja, Jakarta Utara, pada pukul 21.00 WIB, Senin (20/4). Pelaku minta diantarkan ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Namun, belum sampai tujuan, pelaku meminta kembali diantar ke Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan dalih mengambil dokumen di rumah temannya.

Tiba di Jalan Kamal Muara VI, Kamal Muara, yang cukup sepi, pelaku langsung menancapkan obeng yang dibawanya ke dada kiri korban. ”Korban yang terluka keluar mobil dan meminta pertolongan hingga akhirnya warga datang dan mengejar pelaku yang sempat membawa kabur taksi,” ungkap Kapolsek Penjaringan AKBP Kus Subiantoro kemarin.

Saat bersamaan mobil patroli yang berada tidak jauh dari lokasi langsung merespons sekaligus mengamankan pelaku yang sempat dihakimi warga. Pihak kepolisian masih mendalami kasus itu karena tak menutup kemungkinan pelaku tidak bekerja sendirian. ”Belakangan pelaku juga kerap membawa obeng. Saya tidak tahu maksudnya, masih kita mintai keterangan,” katanya.

Menurut sosiolog Universitas Indonesia Paulus Wirutomo, kejahatan jalanan termasuk perampokan sopir taksi disebabkan keterbatasan lapangan kerja sehingga orang-orang yang ingin memperbaiki kehidupan ekonominya cenderung bertindak jahat. Di sinilah pemerintah baik pusat maupun daerah harus campur tangan untuk mengembangkan potensi daerah hingga membuka lapangan kerja baru.

”Kalau pertanian di daerah dikembangkan, mungkin masyarakat daerah tak berbondong ke Jakarta untuk berbuat kriminal,” ujarnya. Dia juga meminta aparat keamanan bersikap tegas dengan tidak memberi kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk berkembang hingga membuat kelompok atau organisasi.

Yan yusuf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8745 seconds (0.1#10.140)