Rekrutmen Calon Anggota Polri Diperpanjang

Selasa, 21 April 2015 - 16:32 WIB
Rekrutmen Calon Anggota Polri Diperpanjang
Rekrutmen Calon Anggota Polri Diperpanjang
A A A
JAKARTA - Masa pendaftaran pendidikan calon anggota Taruna Akademi Kepolisian, Bintara, dan Tamtama, diperpanjang hingga tanggal dua Mei 2015. Sebelumnya, masa pendaftaran ini hanya sampai Jumat 24 April 2015.

"Sistem rekrutmen ini awalnya hanya sampai 24 April, tapi diperpanjang satu minggu sampai dua Mei. Mohon disebarluaskan," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Anton Charliyan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Anton menjelaskan, mundurnya jadwal ini karena jadwal Ujian Nasional (UN). "Kelulusan UN kan Juni, nah kadang jadwal pendaftaran berdekatan dengan pengumuman hasil UN, ini yang menjadi kendala," katanya.

Kata Anton, jumlah pendaftar calon anggota kepolisian itu selalu melebihi kuota yang disediakan. Pendaftar pada tahun lalu mencapai 200 ribu orang. Sedangkan kuota yang disediakan hanya 15 ribu orang. "Paling banyak berasal dari Jawa dan Sumatera," tuturnya.

Anton menegaskan proses pendaftaran itu gratis. Semua sistem yang digunakan Polri berbasis online. Hal ini dilakukan sebagai upaya menimalisir kecurangan atau pungutan liar (Pungli). Anton membantah adanya kuota khusus bagi anak jenderal. Semua punya kesempatan yang sama.

"Sebelumnya banyak anak jenderal yang tidak memenuhi kualifikasi, ini menunjukkan tidak ada KKN. Kita terbuka secara umum. Padahal banyak yang daftar, 20-30 persennya enggak lulus. Tidak ada kuota tersendiri buat anak jenderal," tegasnya.

Setiap tahunnya, Polri juga membuka kesempatan bagi siswa berprestasi dengan jalur talent supporting (TS) atau penerimaan dengan sebelumnya diberikan pelatihan.(ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)