Empat Provinsi di Indonesia Rawan Gerakan ISIS

Kamis, 16 April 2015 - 21:34 WIB
Empat Provinsi di Indonesia Rawan Gerakan ISIS
Empat Provinsi di Indonesia Rawan Gerakan ISIS
A A A
BANTEN - Polri mewaspadai empat provinsi yang dianggap rawan menjadi lokasi penyebaran paham gerakan Negara Islam Irak dan Suriah atau Islamic State and Syria (ISIS).

Empat provinsi yang dinilai rawan itu terdiri atas Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Mabes Polri Ispektur Jenderal Polisi Putut Eko Bayuseno, empat wilayah tersebut menjadi prioritas penaggulangan penyebaran paham ISIS.

“Nantinya kita juga akan melakukan penyuluhan-penyuluha di seluruh Indonesia terkait pennggulsngsn ISIS ini,” kata Putut, Kamis (16/4/2015).

Dia menjelaskan Banten masuk ke dalam provinsi yang rawan ISIS karena di salah satu wilayah di daerah tersebut pernah diketahui ada deklarasi gerakan ISIS.

“Banten punya sejarah, kita semua tahu itu. Jadi itu alasannya. Terpenting kepedulian keamanan itu sangat penting di setiap daerah. Kita akan terus mencegah gangguan kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat),” tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Putut mengharapkan masyarakat aktif memberikan informasi yang cepat, dan memberikan saran agar kepolisian langsung menindaklanjutinya.

Pelaksana tugas Gubernur Banten Rano Karno membenarkan kerawanan Banten menjadi daerah yang mudah dimasuki paham ISIS. Menurt dia, Banten mempunyai potensi kuat menjadi basis ISIS.

“Banten memang wilayah potensial menjasi basis ISIS, terutama untuk mengembangkan jaringannya karena akses yang strategis, sebagai penunjang ibu kota, kemudian Banten juga memiliki banyak akses,baik dari laut, udara dan darat,” tutur Rano
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4606 seconds (0.1#10.140)