Deklarasi Selamatkan Pemuda dari Paham ISIS

Senin, 13 April 2015 - 18:57 WIB
Deklarasi Selamatkan Pemuda dari Paham ISIS
Deklarasi Selamatkan Pemuda dari Paham ISIS
A A A
BANTEN - Generasi muda perlu mendapatkan perhatian agar terhindar dari paham Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menyesatkan. Apalagi, secara ideologi pemuda dan remaja kini semakin tidak jelas, karena lebih banyak terpengaruh hal bersifat pragmatis.

Persoalan ini diperparah dengan hilangnya pelajaran di sekolah yang mengajarkan kisah para pahlawan merebut kemerdekaan dengan darah dan nyawa. ISIS selama ini melakukan penipuan, pembantaian, dan perusakan terhadap ajaran yang sebetulnya melanggar ajaran agama Islam.

“ISIS memaksakan kehendak, yang tidak mengikuti kehendaknya disebut kafir, ini jelas bertentangan dengan nilai-nalai Pancasila terutama sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujar Koordinator Front Masyarakat Banten Anti ISIS (F-MBAI) Embay Mulya Syarief, acara deklarasi gerakan menolak ISIS di Pendopo Kabupaten Serang, Banten, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan, untuk membentengi masyarakat dari paham ISIS, ada dua gerakan yang harus dilakukan, yaitu gerakan ideologi dan ekonomi. Dia menuturkan, gerakan ideologi adalah memberikan pemahaman, bahwa ideologi rakyat Indonesia adalah Pancasila.

Lanjutnya, Indonesia yang didirikan para pejuang harus dipertahankan, sehingga tidak ada ideologi lain yang merasuki pikiran masyarakat Banten.

“Jadi mencegah lebih baik dengan sosialisasi soal ideologi negara. Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu soal ideologi negara yakni Pancasila,” tuturnya.

Sementara, gerakan ekonomi kata Embay harus didorong untuk memperbanyak kewirausahaan yang menciptakan lapangan pekerjaan dan mengatasi pengangguran. Alasannya, pengangguran rawan diiming-imingi uang oleh pendukung ISIS.

Pada kesempatan yang sama, tokoh pemuda Banten, Makmun Muzaki dalam orasinya mengatakan, janji perbaikan ekonomi yang dijanjikan bagi pengikut ISIS tidak benar. Dia menegaskan, janji itu kebohongan semata demi menarik dan merekrut masyarakat awam.

"Kita pastikan bahwa deklarasi ini akan kita follow up ke Pemerintah Provinsi Banten dan pusat untuk memastikan masyarakat Banten siap membela negara ini dengan berjuang dan memerangi ISIS di tanah air,” tegas Makmun.

Turut hadir dalam dalam acara deklarasi itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar. Dia menyampaikan, para generasi muda harus dibentengi dengan keimanan dana pengetahuan mengenai ideologi Pancasila.

“Tentunya dengan adanya deklarasi ini sangat baik, karena mengajak para generasi muda di Indonesia khususnya di Banten agar kita dapat mempersempit ruang gerak mereka-mereka yang ingin menyebarkan paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dasar bangsa Indonesia,” tukas Boy.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8075 seconds (0.1#10.140)