Transmigrasi Mampu Ciptakan Pemerataan Pembangunan

Senin, 13 April 2015 - 12:57 WIB
Transmigrasi Mampu Ciptakan  Pemerataan Pembangunan
Transmigrasi Mampu Ciptakan Pemerataan Pembangunan
A A A
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar menegaskan pentingnya peran transmigrasi dalam menciptakan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Pemerataan pembangunan bisa terwujud di seluruh wilayah Indonesia khususnya di kawasan timur yang selama ini belum banyak tersentuh pembangunan. ”Pembangunan jangan hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa atau di kota-kota besar saja, tapi harus merata di seluruh pelosok Indonesia sehingga kesejahteraan bisa dinikmati seluruh rakyat. Insya Allah hal itu bisa kita wujudkan melalui program transmigrasi yang akan kita optimalkan pelaksanaannya,” ujar Menteri Marwan di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, pemerataan kesejahteraan diwujudkan melalui pemerataan pembangunan ke wilayah-wilayah yang selama ini belum banyak tersentuh pembangunan. Misalnya wilayah terpencil yang tidak berpenghuni atau minim penduduknya.

Sementara keberadaan penduduk merupakan faktor utama pembangunan di suatu wilayah. Melalui transmigrasi yang menempatkan penduduk secara permanen, pembangunan di wilayah tersebut akan semakin mudah dilaksanakan. Sebelumnya Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf mendorong pemerintah untuk menggerakkan transmigrasi. Hanya konsepnya harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Sebab masyarakat akan enggan ikut programtransmigrasijika dalam pengelolaannya tidak berubah. Meski mereka diberi tanah, jika tidak diberi fasilitas lainnya akan susah untuk bergabung dalam program transmigrasi.

Neneng zubaidah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3473 seconds (0.1#10.140)