Tiga Jalan Inspeksi Dibangun di Jakarta Barat

Jum'at, 10 April 2015 - 10:23 WIB
Tiga Jalan Inspeksi Dibangun di Jakarta Barat
Tiga Jalan Inspeksi Dibangun di Jakarta Barat
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta membuat jalur inspeksi di beberapa kali di Jakarta Barat. Kebijakan ini sebagai salah satu cara menambah jumlah jalan dan mengatasi kemacetan hingga mengembalikan ruang terbuka hijau.

Setidaknya ada tiga titik jalan yang akan dibangun yakni di sisi Kali Mookervaart sepanjang 8 kilometer selebar 7,5 meter, Kali Grogol sepanjang 1 km selebar 7,5 meter, dan Kali Sekretaris sepanjang 500 meter dengan lebar 8 meter. Dari pembangunan tiga jalan tersebut, sedikitnya 2.874 jiwa direlokasi ke sejumlah rusun.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berjanji tidak akan merobohkan bangunan milik warga sebelum rusun dibangun. “Anda (warga) tidak perlu khawatir, kami tidak akan usir anda kalau misalnya rusun belum siap. Jadi kalau misalnya ada pejabat saya yang mau robohin, Anda tinggal bilang di mana saya akan tinggal,” kata Ahok seusai melakukan sidak di Kali Mookervaart dan Kali Sekretaris kemarin.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menjamin, jika warga pindah ke rusun, ekonomi dan kesejahteraannya akan lebih baik. Ini karena di rusun yang dibangun nanti, Pemprov DKI Jakarta akan melengkapinya dengan tempat jualan makanan (food court ) yang bisa dimanfaatkan warga untuk berdagang. “Artinya, Anda di sini kami jamin kesejahteraannya. Kehidupan di rusun lebih layak, ekonomi kalian lebih terjamin,” tuturnya.

Terkait banyak bangunan pabrik di bantaran Kali Mookevart, Ahok menduga ada oknum lurah atau camat yang mengambil komisi dengan memudahkan perizinan di area tersebut. Ahok menegaskan, dalam sistem pemerintahan DKI Jakarta yang sudah menuju smart city dan serbamodern ini, dia tak ingin lagi ada bahasan “asal bapak senang”. “Camat lurahnya mesti ngecekin ke warga. Camat udah berubah ini. Bisa SMS (pesan singkat) lapor saya,” tandasnya.

Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi berjanji menindaklanjuti apa yang dipesankan Ahok. Terkait percepatan proyek jalan inspeksi, Anas memastikan tetap melakukan penggusuran sesuai apa yang menjadi target pembangunan Pemkot Jakarta Barat.

“Jalan inspeksi ini bertahap, di Mookervart itu baru 2 km dari target 8 km. Lalu, di Kali Sekretaris ini masih ada 700 meter lagi, saat ini baru selesai 500 meter,” ucapnya.

Yan yusuf
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7594 seconds (0.1#10.140)
pixels