Tes Tenaga Honorer K-2 Segera Digelar

Kamis, 09 April 2015 - 10:04 WIB
Tes Tenaga Honorer K-2 Segera Digelar
Tes Tenaga Honorer K-2 Segera Digelar
A A A
JAKARTA - Pemerintah segera menggelar ujian untuk tenaga honorer kategori 2 (TH K-2). Rencananya tes akan dilangsungkan pada Agustus 2015.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menyebut tes ini untuk menggantikan 30.000 formasi yang sebelumnya belum terisi.”Tes ini akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT),” ujar Yuddy dalam siaran pers kemarin.

Jumlah tersebut merupakan hasil perhitungan dari TKH-2 yang telah lulus tes November 2013, tapi penetapan NIP-nya tidak dapat diproses oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tidak diprosesnya NIP tersebut lantaran dokumen mereka tidak sesuai ketentuan yang dipersyaratkan.

“Formasi tersebut akan dialokasikan untuk kementerian/ lembaga sebanyak 4.500 dan untuk pemda sebanyak 25.500 dengan prioritas usia di atas 35 tahun, serta untuk formasi tenaga pendidik, kesehatan, dan penyuluh,” katanya.

Namun, sebelum pelaksanaan tes, masing-masing pejabat pembina kepegawaian (PPK) harus memastikan ketersediaan anggaran, baik untuk membayar gaji serta biaya pelaksanaan seleksi. Sebelumnya, pakar administrasi publik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Miftah Thoha, menilai tes ulang bagi tenaga honorer kategori dua (K2) sebagai ajang politisasi belaka.

”Pengulangan ini bisa jadi karena pertimbangan politik. Dengan membuka tes ulang, partai yang saat ini berkuasa nantinya akan didukung oleh para honorer,” tudingnya. Menurut dia, sejak berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) kita sudah tidak mengenal lagi dengan apa yang disebut tenaga honorer.

Dita angga
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7258 seconds (0.1#10.140)