Warga Yogyakarta Dapat Saksikan Gerhana Bulan Total

Sabtu, 04 April 2015 - 10:23 WIB
Warga Yogyakarta Dapat Saksikan Gerhana Bulan Total
Warga Yogyakarta Dapat Saksikan Gerhana Bulan Total
A A A
YOGYAKARTA - Gerhana bu lan total yang akan terjadi Sabtu (4/4) nanti dapat dilihat di Yogyakarta. Masyarakat yang penasaran pun diimbau untuk mencari tempat di ketinggian dan di lokasi yang tak ada awan Cumulonimbus (Cb).

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Teguh Prasetyo mengatakan, bulan sudah bisa dilihat pada pukul 16.00 WIB di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). ”Peristiwa itu akan terjadi mulai pukul 16.00 sampai 22.00 WIB. Tapi puncaknya sekitar pukul 20.00 WIB,” kata Teguh kemarin.

Menurut dia, posisi bumi akan berada di antara matahari dan bulan. Dengan begitu, akan terlihat bayangan bumi di bulan. ”Setelah magrib (pukul 18.00 WIB) akan semakin gelap. Nantinya di bulan akan terlihat bayangan bumi,” tuturnya. Bagi masyarakat yang penasaran untuk menyaksikan langsung peristiwa alam tersebut, Teguh menyarankan untuk mencari tempat yang lebih tinggi.

Hal itu untuk menghindari tertutup bangunan atau pohon. Selain itu, kendala lainnya adalah awan mendung atau Cumulonimbus . Karena saat ini di Yogyakarta masih masa pancaroba, potensi terjadinya hujan tentu cukup tinggi, terutama pada waktusore ataumalamhari. ”Jadi, selain tempat yang tinggi, keadaan cuaca juga harus cerah dan tak ada mendung,” tuturnya.

Salah satu lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk memantau gerhana bulan itu adalah Candi Prambanan. Dengan latar berupa bangunan cagar budaya tersebut, akan lebih mengena jika ingin diabadikan dengan foto. ”Tapi waktunya hanya sampai pukul 18.00 WIB,” kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan Priyo Santoso. Karena, lanjut Priyo, pengunjung sudah harus meninggalkan kawasan tersebut selepas jam itu.

”Sesuai aturan. Untuk loket kami tutup pukul 17.15, sementara kunjungan hanya sampai pukul 18.00 WIB. Masyarakat boleh menikmati gerhana bulan sampai jam itu di kawasan wisata Candi Prambanan,” ucapnya.

Ridho hidayat
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6061 seconds (0.1#10.140)