Mahathir Serang Najib Razak

Sabtu, 04 April 2015 - 10:23 WIB
Mahathir Serang Najib Razak
Mahathir Serang Najib Razak
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan penguasa Malaysia, Mahathir Mohamad, mengeluarkan kritik tajam terhadap Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengenai masa depan Organisasi Persatuan Bangsa Melayu (UMNO) dan koalisi Barisan Nasional (BN).

Melalui blognya, chedet.cc, Mahathir mengungkapkan kekhawatirannya mengenai eksistensi UMNO dan BN dalam pemilu ke-14 yang akan digelar pada 2018. Menurut Mahathir, Najib masih diselimuti berbagai isu kontroversial. Selain itu, banyak juga anggota dan pemimpin UMNO yang mendukung ”juniornya” tersebut secara buta.

”Jika UMNO kalah, masyarakat akan mengkritik kepemimpinan Najib untuk membuat UMNO lemah. Sekali UMNO terjatuh, mereka tidak akan pernah bisa bangkit kembali,” kata Mahathir, dilansir The Star Online. ”Tidak mudah bagi saya untuk menulis blog ini, tapi demi rakyat dan negara, saya perlu mengungkapkan semuanya,” sambungnya.

Mahathir juga menyoroti kontroversi perusahaan 1MalaysiaDevelopmentBerhad( 1MDB) dan pembelian jet pribadi VVIP. ”Kenapa 1MDB bisa membeli tanah pemerintah dengan harga murah?” tanya Mahathir. Dia juga mempertanyakan kenapa pemerintah menghabiskan ribuan juta ringgit untuk membeli jet ketika keuangan Malaysia sedang melemah.

Mahathir juga mempertanyakan kasus pembunuhan model bangsa Mongol, Altantuya Shaariibuu, yang diduga masih berkaitan dengan pembelian kapal selam dan penggelapan uang. Dua polisi jadi tersangka dan didakwa bersalah dalam kasus ini. ”Namun, kenapa satu terdakwa saat ini berada di Australia ketika satunya lagi masih ditahan menunggu vonis?” tanya Mahathir.

Terkait kritikan orang nomor satu di Malaysia tersebut, pemimpin veteran UMNO sekaligus mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Tengku Razaleigh Hamzah mendesak Najib Razak untuk menjawabnya. Menurutnya, kritikan Mahathir disampaikan untuk menyelamatkan UMNO. Karena itu, dia mendukung Mahathir dan mendesak Najib menjawab semua dakwaan dalam berbagai isu yang dilayangkan Mahathir.

”Jawaban tersebut bukan untuk Mahathir sendiri, tapi juga untuk rakyat,” ujar Razaleigh ketika ditemui wartawan di lobi parlemen Malaysia kemarin. ”Sekarang sudah saatnya kejujuran diungkapkan dan kebenaran dijunjung. Saya yakin Mahathir pasti memiliki alasan kuat mempersoalkan perkara ini,” tambahnya.

”Apabila persoalan yang dibuka Mahathir tidak dijawab, pemimpin BN akan semakin sulit menggalang dukungan rakyat dan akan kewalahan dalam pemilu mendatang,” tuturnya. Sampai pemilu 2013, UMNO masih mendominasi. Ahli Majelis Tertinggi UMNO Datuk Seri Shahidan Kassim mengatakan, apa yang dikatakan Mahathir mungkin ada benarnya.

”Beliau sudah pasti menulis kritik itu secara hati-hati dan berdasarkan fakta,” ujarnya. Namun, anggota Parlemen Datuk Nur Jazlan Mohamed mengatakan, Najib tidak perlu memberikan jawaban sebab kritikan itu bukan hal baru. Posisi Najib di kursi pemerintahan tidak goyah.

Dukungan dari UMNO dan rakyat juga dibantah Jazlan tidak surut walaupun terkadang rakyat memprotes. ”Itu hanya pendapat Mahathir, tapi itu bukan masalah. Selama Najib mendapat dukungan dari partai dan rakyat, kenapa dia harus memberikan jawaban?” kata Jazlan, dikutip Sinar Harian.

Muh shamil
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6686 seconds (0.1#10.140)