Assad: Rusia Pasok Senjata ke Suriah

Rabu, 01 April 2015 - 10:18 WIB
Assad: Rusia Pasok Senjata ke Suriah
Assad: Rusia Pasok Senjata ke Suriah
A A A
MOSKOW - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan, Rusia memasok senjata kepada Suriah sejak perang saudara pecah pada 2011. Komentar Assad itu muncul dalam wawancaranya dengan media Rusia, Rossiyskaya Gazeta.

Pengiriman senjata itu sesuai kontrak yang disepakati kedua pihak. “Ada kontrak yang telah disepakati sebelum krisis dimulai dan dilakukan selama krisis. Ada perjanjian lainnya, di mana kerja sama dan pasokan senjata telah ditandatangani selama krisis dan sedang dilaksanakan sekarang,” ungkap Assad, dikutip Reuters, kemarin.

Namun, Assad tidak memberikan rincian senjata yang dipasok oleh Rusia, eksportir senjata terbesar kedua di dunia. Perang saudara di Suriah telah memasuki tahun keempat dengan korban tewas sudah mencapailebihdari220.000jiwa. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, tidak menyangkal ada pasokan senjata dari Moskow ke Damaskus.

“Moskow selalu menekankan bahwa (pengiriman senjata) telah terjadi dan tidak ada embargo pada kerja sama militer. Tidak ada hukum untuk membatasi kami,” sebutnya. Rusiaselamainimemangdikenal sebagai sekutu utama Suriah. Dr Bashar al-Assad lahir di Damaskus, Suriah pada 11 September 1965. Anak mantan Presiden Hafizh al-Assad ini menggantikan posisi ayahnya yang meninggal dunia pada 10 Juni 2000.

Selain menjabat sebagai presiden Suriah, pria berusia 49 tahun ini juga menjabat sekretaris wilayah Partai Baath. Assad yang mahir berbahasa Inggris dan Prancis itu mengenyam pendidikan di sekolah elite Franco-Arab al-Hurriyet di Dmaskus. Dia juga pernah mengenyam pendidikan kedokteran di Universitas Damaskus.

Sindonews
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6195 seconds (0.1#10.140)