RI-China Pererat Kerja Sama

Jum'at, 27 Maret 2015 - 14:03 WIB
RI-China Pererat Kerja Sama
RI-China Pererat Kerja Sama
A A A
BEIJING - Setelah melakukan lawatan selama empat hari ke Jepang, kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke China untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing.

Dalam kunjungan itu, sekaligus ditandatangani beberapa nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di berbagai bidang termasuk keuangan, perindustrian, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan antariksa. Presiden Xi Jinping setelah upacara penyambutan resmi mengucapkan selamat datang kepada Jokowi yang datang ke China bertepatan dengan peringatan ke-65 tahun hubungan persahabatan Indonesia-China.

“Hubungan persahabatan kedua negara selama 65 tahun berkembang dengan baik dan lancar,” ujarnya. Dia menilai Indonesia merupakan negara dengan populasi besar yang sedang berkembang dan punya kerja sama yang saling menguntungkan dan potensi yang besar dengan China. “Pada November tahun lalu saat menghadiri KTT APEC di Beijing, kita sepakat menerjemahkan hubungan diplomatik menjadi hasil kerja sama konkret yang bermanfaat bagi kedua negara.

Dalam empat bulan terakhir, kerja sama kita dalam segala bidang mencapai kemajuan,” tuturnya. Xi Jinping mengaku sangat puas atas pencapaian itu, dan berharap kunjungan Jokowi akan mendorong kerja sama terus berkembang di segala bidang. Merespons hal itu, Presiden Jokowi berterima kasih atas sambutan yang hangat dan bersahabat.

“Indonesia berkomitmen untuk mempererat kerja sama dengan China di tingkat bilateral, regional, maupun internasional,” tutur Jokowi. Menurut Jokowi, China merupakan teman dekat Indonesia yang letak geografisnya berdekatan. “Indonesia punya kekayaan alam dan China punya pengetahuan dan pengalaman di bidang infrastruktur, sehingga hubungan kemitraan strategis dan komprehensif adalah hubungan yang saling melengkapi,” paparnya.

Ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4563 seconds (0.1#10.140)