Angelina Jolie Jalani Pengangkatan Ovarium

Rabu, 25 Maret 2015 - 07:57 WIB
Angelina Jolie Jalani Pengangkatan Ovarium
Angelina Jolie Jalani Pengangkatan Ovarium
A A A
NEWYORK - Memiliki gen kanker membuat Angelina Jolie berani mengambil tindakan preventif.

Teranyar, aktris Hollywood ini naik meja operasi untuk pengangkatan ovarium (indung telur) dan tuba falopinya. Sebelumnya istri dari Brad Pitt tersebut telah menjalani pengangkatan payudara. Prosedur ini membuat Jolie mengalami menopause lebih awal. Namun dia yakin ini merupakan keputusan terbaik. “Anak-anak saya nanti tidak akan mengatakan ibunya meninggal karena kanker,” papar Jolie.

Jolie membawa gen BRCA1 yang diturunkan dari ibunya. Ini artinya wanita berusia 39 tahun tersebut berisiko terkena kanker ovarium sebesar 50% dan risiko menderita terkena kanker payudara 87%. Tidak banyak kasus kanker payudara diakibatkan keturunan mutasi gen. Namun, bila gen BRCA1 mengalami kerusakan, risiko kena kanker meningkat.

Ibunda Jolie meninggal di usia 56 tahun karena kanker ovarium . Sebagaimana dilansir New York Times, Jolie memutuskan mengangkat kedua indung telurnya setelah sejumlah tes menunjukkan adanya tumor. Brad Pitt yang tengah berada di Prancis, saat mendengarkabar tersebut, langsung pulang.

Bintang Legends of the Fall itu menemani sang istri menjalani prosedur yang dinamakan laparoskopi bilateral salpingo-ooforektomi. “Saya katakan kepada diri saya untuk tetap tenang dan kuat. Kini tidak ada lagi ketakutan bahwa saya tidak akan melihat anak-anak saya besar atau melihat cucu,” papar Jolie.

Kendati dia tak lagi bisa memiliki anak, Jolie yakin keputusan itu adalah yang terbaik. Dia tak ingin kehilangan nyawa karena kanker seperti yang dialami ibu, nenek, dan bibinya. Jolie berpendapat setiap wanita pasti memiliki pilihan yang berbeda. Tapi Jolie berharap apa yang dia lakukan bisa menjadi inspirasi bagi wanita lain.

Mantan istri Jonny Lee Miller dan Billy Bob Thornton itu menegaskan jika seorang wanita dinyatakan BRCA positif, dia tidak harus naik meja operasi. Jolie mengaku sudah berkonsultasi dengan banyak dokter ahli dan banyak pilihan lain.

Beberapa jenis kanker bisa diatasi dengan berbagai pengobatan. “Ada lebih dari satu cara untuk menangani setiap masalah kesehatan. Yang terpenting adalah belajar tentang pilihan dan memilih apa yang tepat untuk Anda secara pribadi,” imbuh Jolie.

Ibu enam anak ini juga menerangkan bahwa wanita muda mungkin bisa mengangkat saluran tubanya, tetapi tetap dapat mempertahankan indung telur. Dengan begitu tidak harus mengalami menopause paksa. Dia mendorong wanita muda lekas melakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk mempertahankan kesempatan memiliki keturunan.

“Memang tidak mudah membuat keputusan ini. Namun mengambil kendali dan mengatasi masalah kesehatan masih mungkin dilakukan. Anda bisa mencari berbagai masukan, belajar tentang pilihan dan membuat pilihan tepat. Pengetahuan adalah kekuatan,” jelasnya.

Selain Jolie, selebritas Hollywood Christina Applegate juga mengambil langkah serupa. Dia menjalani pengangkatan kedua payudaranya pada Juli 2008 setelah didiagnosis menderita kanker.

Saat melakukan pengobatan kanker payudara, dia diperingatkan berisiko terkena kanker ovarium. Dia disarankan untuk segera memiliki anak karena ovariumnya kemungkinan harus diangkat juga.

Rini agustina
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7308 seconds (0.1#10.140)