Bandara Changi Masih Terbaik Di Dunia

Rabu, 18 Maret 2015 - 08:50 WIB
Bandara Changi Masih Terbaik Di Dunia
Bandara Changi Masih Terbaik Di Dunia
A A A
Bandara Changi Singapura kembali terpilih menjadi ”Bandar Udara Terbaik Dunia” (World Best Airport) oleh para penumpang selama tiga tahun berturut-turut dalam acara 2015 World Airport Award.

10 BANDARA TERBAIK DI DUNIA

1. Bandara Changi Singapura
2. Bandara Internasional Incheon Korea Selatan
3. Bandara Munich Jerman
4. Bandara Internasional Hong Kong
5. Bandara Internasional Tokyo Jepang (Haneda)
6. Bandara Zurich Swiss
7. Bandara Internasional Sentral Jepang
8. Bandara Heathrow London Inggris
9. Bandara Schiphol Amsterdam Belanda
10. Bandara Internasional Beijing China

TERBAIK LAINNYA

N0 BANDARA PERINGKAT TAHUN 2014

11. Bandara Internasional Vancouver, Kanada 9
12. Bandara Kansai Internasional, Jepang 14
13. Bandara Frankfurt, Jerman 13
14. Bandara Internasional Narita, Jepang 16
15. Bandara Auckland, Selandia Baru 11
16. Bandara Copenhagen, Denmark 17
17. Bandara Taoyuan, Taiwan 18
18. Bandara Helsinki, Finlandia 19
19. Bandara Kuala Lumpur, Malaysia 20
20. Bandara Brisbane, Australia 23
25. Bandara Melbourne, Australia 24
30. Bandara London Gatwick 35
50. Bandara Chengdu, China 94
57. Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia 60
100. Bandara Mauritius 100

FAKTA BANDARA CHANGI SELAMA 2014

Rata-rata frekuensi penerbangan 6.565 1 penerbangan setiap 90 detik

Total pergerakan penumpang 54.093.070 1,6 x mengelilingi bumi


Total berat kargo 1.843.799 Seberat sekitar 5,5 x Gedung Empire State Buildings


10 pasar penumpang berdasarkan asal negara. Indonesia Malaysia Australia Thailand China Hongkong India Jepang Filipina Vietnam


Total bagasi ditangani 42.162.632 Potong bagasi

Hari tersibuk di tahun 2014 186.474 penumpang pada 20 desember

10 rute paling diminati Jakarta Hong Kong Kuala Lumpur Bangkok Manila Tokyo Bali Teipei Ho Chi Min City Sidney

2 penumpang setiap detik lebih dari 100 penerbangan yang beroperasi di Bandara Changi.

FASILITAS NYAMAN MANJANKAN PENUMPANG

Tidak perlu desain wah, tetapi Bandara Changi membuktikan mereka bisa memberikan servis memuaskan kepada penumpang, khususnya penumpang yang mengalami penundaan atau pembatalan penerbangan.

Fish Spa
Di saat lelah menunggu penerbangan, penumpang bisa menyegarkan kaki yang pegal dengan mencoba fish spa atau spa dengan menggunakan ikanikan kecil. Berada di Lounge Terminal 1, fasilitas ini memungkinkan penumpang mencoba kakinya dihisap oleh ikan-ikan kecil dan tentunya melepas letih di kaki.

Lounge Tidur
Pihak pengelola Bandara Changi berupaya agar penumpang yang menunggu penerbangan atau transit untuk perjalanan jauh, bisa beristirahat dengan gratis di Snooze Lounge. Lounger khusus untuk tidur ini bisa membuat penumpang segar kembali. Kalau kamu harus transit dalam waktu lama, coba saja ke Terminal 3 Bandara Changi supaya kamu kembali segar dalam perjalanan.

Restoran
Banyak deretan restoran yang disediakan oleh Bandara Changi. Mulai dari restoran cepat saji seperti Burger King, KFC, Pizza Hut atau bahkan Subway tersedia di bandara yang dilengkapi tiga terminal ini. Selain itu, juga ada food court yang disediakan tepat di tengah bandara dan memungkinkan penumpang mengisi perut di saat menunggu penerbangan.

Kolam Renang
Kolam renang juga tersedia di dalam Bandara Changi dan tentunya ini bisa membuat kamu menghabiskan waktu ketika menunggu penerbangan, ketinggalan pesawat ataupun transit. Berada di Terminal 1 sebuah kolam renang bertemakan vila di Bali membuat suasana di bandara jauh lebih cerah.

Seluncur Raksasa
Satu fasilitas lain yang bisa membuat travelers betah di Bandara Changi adalah seluncur raksasa. Bahkan bukan hanya berseluncur, penyedia layanan ini juga mencatat rekor kamu. Turun melintasi terminal dengan seluncur ini bisa memacu adrenalin dan yang pasti melepas stress terjebak di bandara yang biasanya membosankan.

Butterfly Garden
Butterfly Garden atau taman kupu-kupu yang letaknya berada tempat di tengah-tengah Terminal 3. Siapa sangka Bandara Changi bisa menyediakan tempat ini untuk penumpang yang ingin menikmati suasana santai di dalam taman.

Fasilitas Informasi
Terlepas dari fasilitas menakjubkan yang diberikan oleh Bandara Changi, kebutuhan informasi sangatlah penting bagi para penumpang. Di bandara ini, pusat-pusat informasi sangat mudah ditemukan. Meski bandaranya besar, penunjuk arah dari Bandara Changi mudah dimengerti oleh penumpang. Ini termasuk juga pengurusan imigrasi yang cepat serta ringkas.

Fasilitas Internet
Seperti halnya bandara-bandara modern di dunia, Bandara Changi juga menyediakan fasilitas internet. Bukan hanya akses Wi-Fi, Changi juga menyediakan komputer gratis yang bisa digunakan oleh penumpang untuk mencari informasi. Fasilitas ini disediakan di seluruh terminal yang ada di Changi.

BANDARA TERBAIK INDONESIA

1. Bandara Kualanamu, Sumatera Utara
Bandara Internasional yang baru diresmikan pada awal tahun ini terletak di Deli Serdang, 39 Km dari kota Medan ini merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara Kualanamu ini dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia yang telah berumur lebih dari 85 tahun

2. Bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman, Kalimantan Timur
Bandar Udara yang dulunya kita kenal dengan Bandara Sepinggan ini telah berganti nama. Bandara dengan luas 300 hektar ini akan menjadi bandara pertama yang memiliki mall di dalamnya, meskipun belum beroperasi.

3. Bandara Soekarno Hatta, DKI Jakarta
Bandara Soekarno Hatta merupakan bandara utama internasional yang dimiliki Indonesia. Bandara yang dirancang oleh arsitek Prancis Paul Andreau ini bergaya arsitektur lokal dengan kebun tropis di antara lounge tempat tunggu.

4. Bandara Ngurah Rai, Bali
Sebagai salah satu tujuan wisata dunia, Bali juga memiliki bandara terbaik di Indonesia. Bandara yang terletak di selatan Bali, tepatnya di daerah Tuban, Kuta ini berjarak sekitar 13 Km dari Denpasar. Bandara Ngurah Rai menjadi salah satu dari 3 bandara tersibuk di Indonesia. Bandara ini menyajikan panorama alam pantai dan sunset di ruang tunggu keberangkatannya.

5. Bandara Sultan Hasanudin, Sulawesi Selatan
Bandara ini menjadi pintu gerbang udara untuk Indonesia bagian Timur. Bandara yang terletak sekitar 30 Km dari kota Makassar ini memadukan unsur lokal dan desain yang modern dengan langit-langit serta lampu yang cantik. Bagian atap dibuat bergelombang sebagai lambang semangat pelaut suku Bugis Makassar dan dominasi warna putih biru.

FOTO-FOTO: ISTIMEWA/GRAFIS: BUDHI CRISTANTO
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)