Tertimpa Pohon Tumbang, Mobil Berpenumpang Ringsek

Senin, 16 Maret 2015 - 12:46 WIB
Tertimpa Pohon Tumbang, Mobil Berpenumpang Ringsek
Tertimpa Pohon Tumbang, Mobil Berpenumpang Ringsek
A A A
BOGOR - Hujan deras disertai angin kencang membuat pohon angsana setinggi 15 meter dengan diameter 90 cm di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor, kemarin, tumbang menimpa mobil.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, pemilik dan penumpang mobil mengalami kerugian puluhan juta. “Saya dan keluarga rencananya akan jalan-jalan ke Botani Square, akan tetapi saat hujan deras sempat terjebak lampu merah,” ujar Ade Kurniawan, 47, salah satu korban.

Saat itu, dia bersama Evi, 38, istrinya, dan Ipah, 7, anak, yang mengendarai mobil Toyota Avanza berhenti karena traffic light dan tiba-tiba dikagetkan dengan suara keras yang menimpa bagian atas kendaraannya. “Suaranya sangat keras, mendadak bruk, atap mobil langsung remuk. Alhamdulillah anak dan istri saya selamat,” kata Ade.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Yadi Karyadi mengatakan, pohon yang tumbang adalah pohon tua. “Pohon ini dikenal kuat, tapi ternyata jika sudah dipenuhi benalu menjadi keropos sehingga saat angin kencang mudah tumbang,” ucapnya.

Menurut dia, batang pohon masih terlihat kokoh, tidak keropos dimakan rayap, dan daunnya masih hijau serta tidak rontok. “Tapi, akar pohon berjamur sehingga tidak kuat untuk menahan batang dan dahan pohon yang akibatnya tumbang. Maka itu, kita akan melakukan identifikasi akar agar tidak terulang,” ujarnya.

Untuk menghindari peristiwa serupa, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan melakukan pemeriksaan pohon lebih intensif. “Besok (hari ini) kita bersama IPB memeriksa pohon-pohon,” katanya.

Haryudi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7890 seconds (0.1#10.140)