Helikopter Tabrakan, 10 Orang Tewas

Rabu, 11 Maret 2015 - 10:12 WIB
Helikopter Tabrakan, 10 Orang Tewas
Helikopter Tabrakan, 10 Orang Tewas
A A A
BUENOS AIRES - Sepuluh orang tewas ketika duahelikopter bertabrakan di pegunungan di Provinsi La Rioja, Argentina. Tiga di antara korban adalah atlet ternama Prancis.

Tragisnya, kecelakaan terjadi ketika helikopter tersebut sedang terlibat dalam sebuah program reality show Dropper. Selain itu, lima kru stasiun televisi Prancis dan dua pilot berkewarganegaraan Argentina juga tewas dalam insiden itu. Dipastikan tidak ada korban selamat dalam insiden tersebut. Adapun kedua helikopter hancur berkeping-keping. “Terjadi tabrakan yang menewaskan 10 orang.

Tidak ada korban selamat. Itu informasi yang kita peroleh,” ujar Cesar Angulo, Kepala Keamanan La Rioja, seperti dikutip Reuters, Senin (9/3) waktu setempat. Ketiga atlet Prancis yang menjadi korban adalah perenang peraih medali emas Olimpiade 2012 Camille Muffat, petinju Olimpiade Alexis Vastine, dan atlet layar Florence Arthaud. Muffat, 25, merupakan salah satu perenang terbaik dalam sejarah Prancis.

Dia meraih tiga medali pada Olimpiade London 2012, termasuk medali emas dalam gaya bebas 400 meter. Adapun Vastine, 28, meraih medali perunggu pada Olimpiade Beijing 2008 dan Arthaud, 57, merupakan salah satu atlet layar terbaik di dunia. Dia merupakan segelintir perempuan yang mampu menaklukkan olahraga yang didominasi lakilaki, yakni pernah menjuarai Route du Rhum, perlombaan mengarungi Samudra Atlantik, pada 1990.

“Seluruh Prancis berduka pagi ini (kemarin),” kata Perdana Menteri (PM) Prancis Manuel Valls. Presiden Prancis Francois Hollande juga menyatakan rasa kehilangan mendalam atas kematian tiga atlet itu. “Kematian brutal pahlawan kita menjadi kesedihan yang mendalam,” ungkapnya. Berdasarkan informasi, kecelakaan terjadi di dekat Kota Villa Castelli, sekitar 1.100 km utara ibu kota Buenos Aires, sekira pukul 05.00 sore pada Senin waktu setempat.

Helikopter yang terlibat kecelakaan masing-masing helikopter milik Pemerintah Provinsi La Rioja dan Pemerintah Provinsi Santiago del Estero. Saat musibah terjadi, kondisi cuaca cukup bagus. Tim penyidik dan penyelamat kemarin sudah tiba di lokasi kecelakaan. Begitu pun para pakar penerbangan telah berada di lokasi kecelakaan di wilayah pegunungan.

Hakim Virginia Illanes Bordon mengungkapkan, untuk sementara tim masih fokus mengumpulkan jenazah korban. Sementara jaksa penuntut Prancis akan melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan itu yang menjadi standar ketika ada warganya yang tewas di luar negeri. Untuk diketahui, program televisi Dropped merupakan tayangan yang mempertontonkan delapan bintang olahraga yang diminta tinggal dalam lingkungan tak ramah untuk tujuan petualangan dan bertahan hidup.

Pengambilan gambar program itu dimulai pada akhir Februari lalu di Ushuaia. Kemudian berpindah ke La Rioja dengan pemandangan gunung yang sangat menarik dan sangat populer di kalangan wisatawan petualang. Proses pembuatan program itu melibatkan 80 orang, sebagian besar adalah warga Prancis.

Beberapa bintang yang menjadi kontestan program ini adalah mantan pemain Arsenal Sylvain Wiltord, perenang Alain Bernard, atlet sepeda Jeannie Longo, snowboarder Anne-Flore Marxer, dan atlet skater Philippe Candeloro. “Saya tak ingin mengatakan apa pun,” ujar Wiltord.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)