Pemkot Bekasi Percepat Proyek TPU Pedurenan

Sabtu, 07 Maret 2015 - 09:56 WIB
Pemkot Bekasi Percepat Proyek TPU Pedurenan
Pemkot Bekasi Percepat Proyek TPU Pedurenan
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mempercepat proyek pembangunan tempat pemakaman umum (TPU) Pedurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi.

Pihaknya tengah memaksimalkan penataan makam tersebut. Dipastikan sudah mencapai 2.000 makam. Pembangunan lahannya sudah 70%. “Prosesnya masih berjalan. Ditargetkan harus rampung akhir 2015,” ujar Kepala Dinas Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi Karto kemarin. Dia mengatakan, 2.000 makam itu terbagi dua blok yakni makam muslim dan nonmuslim. Masing-masing blok memiliki lahan seluas empat hektare.

Meski dalam proses penataan lahan, TPU Pedurenan sudah bisa dimanfaatkan. Yang belum selesai hanya sebagian konstruksi pembangunan areal makam seperti jalan makam dan pemasangan lampu. TPU Pedurenan ini untuk menggantikan TPU lainnya di Kota Bekasi yang saat ini dalam kondisi overload . TPU lain di Bekasi yakni TPU Perwira, Bekasi Utara, yang sedang dalam perencanaan tambahan lahan seluas 1.400 meter. Lahan tersebut untuk menampung pemakaman dari masyarakat di wilayah utara, karena lahan yang sekarang ada seluas 12 hektare sudah overload.

Sejauh ini Pemkot Bekasi mengantisipasinya dengan sistem tumpuk karena keterbatasan lahan. BerdasarkancatatanDPPPJU, di Kota Bekasi terdapat 192 titik lahan pemakaman yang dikelola warga. Biasanya pengelolaan TPU itu dilihat dari unsur golongan tertentu, misalnya agama dan keluarganya.

Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bekasi Solihin menuturkan, minimnya TPU Perwira ini tentu merugikan masyarakat Bekasi. Seharusnya setiap warga yang terkena musibah tidak harus dipersulit untuk mencari lahan pemakaman. “DPPPJU harus cepat memperbaiki lahan TPU Pedurenan,” ujarnya.

Abdullah m surjaya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5627 seconds (0.1#10.140)