Bus Terjun ke Jurang, 20 Orang Tewas

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:59 WIB
Bus Terjun ke Jurang,...
Bus Terjun ke Jurang, 20 Orang Tewas
A A A
ZHENGZHOU - Sebanyak 20 staf kelompok akrobat dan opera China Troupe meninggal dunia dan 13 lainnya luka-luka setelah bus yang mereka sewa terjun ke jurang sedalam 325 kaki di wilayah perbatasan Kota Xinxiang dan Linzhou, Provinsi Henan, China, Senin (2/3) pukul 23.00 waktu setempat.

Sejauh ini polisi lokal masih menyelidiki lebih dalam penyebab kecelakaan tersebut. Melihat olah tempat kejadian perkara (TKP) dari foto yang diambil wartawan lokal, bus diduga tidak sempat berbelok dan menabrak pembatas jalan. Kondisi bus penyok di semua bagian setelah terguling beberapa kali di tebing jurang. Pada dini hari kemarin, lebih dari 150 tentara, polisi, petugas pemadam kebakaran, dan 200 sukarelawan dari penduduk setempat melakukan upaya evakuasi.

Saat evakuasi, angin kencang dan suhu dingin sempat menghadang. Jumlah penumpang bus mencapai 33 orang, kurang dua orang dari kapasitas maksimal. Semua korban merupakan warga China. “Mereka menyewa bus itu untuk pergi ke tempat pertunjukkan,” bunyi pernyataan Departemen Kebudayaan Henan, dikutip Xinhua . Media lokal China, National Radio , melaporkan, Troupe merupakan bagian dari Akademi Yu Opera Troupe. Namun, Yu Opera Troupe membantah laporan itu.

“Kami yakin para penumpang bus itu tidak memiliki afiliasi dengan Akademi Yu Opera Troupe. Mereka bisa jadi memakai nama kami secara ilegal,” ujar staf Yu Opera Troupe di Zhengzhou, dilansir Scmp . Meski begitu, komunitas Opera Yu merasa terkejut dengan kecelakaan ini. “Kami turut berdukacita atas apa yang terjadi di sana,” tambahnya.

Kepala Yu Opera Troupe Gao Xinjung menambahkan, kelompok Troupe yang ada di dalam bus kemungkinan menggunakan nama palsu. Saat ini, di China, suasana Tahun Baru Imlek masih terasa. Bagi kelompokopera, inimenjadi momentum paling sibuk karena mereka kebanjiran permintaan tampil. Yu Opera Troupe yang aslinya berasal dari Henan merupakan salah satu kelompok opera paling terkenal di China.

Muh shamil
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)