Menlu Sri Lanka Buka Pintu untuk China

Sabtu, 28 Februari 2015 - 11:15 WIB
Menlu Sri Lanka Buka...
Menlu Sri Lanka Buka Pintu untuk China
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri (Menlu) Sri Lanka Mangala Samaraweera berjanji bahwa pemerintahan baru Sri Lanka akan menyambut investor China dengan tangan terbuka.

Samaraweera menjamin negaranya akan menjadi tempat aman untuk berinvestasi. Sebelumnya China sudah menyodorkan investasi di Kolombo, terutama dalam proyek pelabuhan senilai USD1,5 miliar (sekitar Rp19 triliun). Namun kerja sama Sri Lanka- China berpotensi membuat hubungan Sri Lanka dan India goyang.

Pasalnya, India khawatir keberadaan China di wilayah perairan Sri Lanka mengancam keamanan dan kepemilikan tanah Sri Lanka dan sekitarnya yang berbatasan langsung dengan India. Sri Lanka juga khawatir pelabuhan tersebut nantinya justru menjadi markas angkatan laut China dan tidak membawa keuntungan ekonomi bagi Sri Lanka.

Namun setelah berpikir lama, Samaraweera memilih untuk mengkaji terlebih dulu proyek-proyek yang bisa dibangun China-Sri Lanka. Samaraweera mengatakan segera melakukan diskusi dengan Pemerintah China terkait kerja sama ini dan mengumumkan hasilnya dalam waktu dekat.

”Kami akan memastikan semua investor bekerja dalam lingkungan kondusif dengan aturan hukum yang jelas. Kedua pihak bekerja sama dengan penuh transparansi. Semua usulan tentang bisnis masa depan akan dipertimbangkan,” papar Samaraweera seperti dilansir Channel News Asia.

Samaraweera yang memiliki nama lengkap Mangala Pinsiri Samaraweera menjabat sebagai menlu sejak 2015. Sebelum berkarier dalam politik, lulusan Clothing Design and Technology St Martin’s School of Art London ini bekerja sebagai konsultan desain untuk National Design Center of Sri Lanka.

Kendati telah sukses dalam karier dan memegang posisi penting di pemerintahan, pria berusia 58 tahun ini masih melajang. Ia pertama kali masuk parlemen Sri Lanka sebagai wakil dari Kabupaten Matara pada 1989. Karena pengalamannya di pemerintahan, pada Januari 2015 lalu, presiden baru Sri Lanka Maithripala Sirisena menunjuknya sebagai menlu.

Rini agustina
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8010 seconds (0.1#10.140)