Perwakilan Indonesia Petik Pengalaman Berharga

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:16 WIB
Perwakilan Indonesia Petik Pengalaman Berharga
Perwakilan Indonesia Petik Pengalaman Berharga
A A A
YOGYAKARTA - Forum Pemuda Asia (FPA) telah digelar pada 30 Januari-1 Februari 2015 lalu di Hong Kong.

Dalam event bertajuk Make a Difference tersebut Indonesia diwakili oleh beberapa mahasiswa dari berbagai universitas. Di antaranya lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka berkesempatan berdiskusi, berbagi pengalaman serta belajar dengan para pemuda se-Asia.

Kelima mahasiswa UGM itu adalah Eka Cahyaningrum dari Fakultas Biologi angkatan 2011, Didit Setyo Pamuji dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Fisika angkatan 2011, Hibran Sabila Maksum dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin angkatan 2012, Ayu Ashari Achmad dari Fakultas Pertanian 2011, dan Clara dari Fakultas Isipol 2011.

“Forum ini merupakan acara kreatif yang bertujuan menginspirasi dan memberdayakan para pemuda dari seluruh Asia. Kami para peserta diharapkan untuk menjadi seorang yang positif dan mampu mengubah keadaan ekonomi, sosial, dan lingkungannya,” ujar Eka Cahyaningrum kemarin. Eka memaparkan, di FPA itu tiap peserta diberi kesempatan mengungkapkan pendapatnya dan ide kontribusi pemuda dalam berbagai isu-isu sosial, baik formal maupun informal.

“Program ini mengundang sekitar 1.300 pemuda-pemudi se-Asia, seperti Jepang, India, Indonesia, Singapura, Korea, dan Kamboja,” ungkapnya. Peserta dari Indonesia paling banyak terpilih dalam program tersebut karena social project yang dilakukan oleh pemuda di Indonesia dinilai cukup menarik. Tahun ini Indonesia mendapat kesempatan mengirim 20 delegasi dari berbagai universitas di Indonesia untuk menghadiri forum tersebut.

“Delegasi Indonesia sendiri membuka stan dan memperkenalkan kain tenun, batik, dan makanan khas Indonesia seperti ampyang, amplang, dan bakpia. Ternyata stan Indonesia termasuk yang mampu menarik banyak perhatian delegasi dari negara lain,” tandas Didit.

Ratih keswara
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3213 seconds (0.1#10.140)