PM Abbott Didesak Mundur

Senin, 23 Februari 2015 - 10:23 WIB
PM Abbott Didesak Mundur
PM Abbott Didesak Mundur
A A A
PERDANA Menteri (PM) Australia Tony Abbott mendapatkan tekanan kuat dari warganya untuk mengundurkan diri karena mempermalukan citra bangsanya.

Pasalnya, Abbott telah mengaitkan bantuan kemanusiaan tsunami Aceh dengan rencana eksekusi mati dua warganya, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan. Berbagai kemarahan warga Australia itu diungkapkan melalui akun Twitter. Misalnya Lord Benda of Oz melalui akun @thebenda meminta Abbott untuk mundur. ”Mundurnya Abbott lebih bagus untuk Australia,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan akun yang tidak menampilkan nama sebenarnya, @lifelovehatetoo, yang menulis Abbott seharusnya diam dan tidak banyak berkomentar. ”Idiot itu (Abbott) seharusnya mundur,” tulis pemilik akun @lifelovehatetoo. Ejekan Abbott sebagai pemimpin yang idiot juga diungkapkan Craig Lambie dalam akun @craiglambie.

”Ayo singkirkan dia!” seru Lambie. Dia meminta warga Australia untuk ikut mendukung petisi agar Abbott mundur melalui situs change.org. Kekecewaan karena telah memilih Abbott juga diungkapkan para pendukungnya. Kranky Kerry dalam akunnya @KrankyKerry menulis bahwa Abbott bukan hanya membuat kecewa para pemilihnya, tetapi juga memicu kekecewaan mendalam warga Indonesia.

”Abbott sebagai PM terburuk sepanjang sejarah di Australia,” tulis Kerry. Dukungan dan simpati warga Australia terhadap pengumpulan koin untuk Abbott juga mengalir. David Berthold, seorang seniman Brisbane, juga mengaku bersimpati dengan warga Aceh mengumpulkan koin untuk membayar kembali bantuan kemanusiaan Australia. ”Padahal, warga Aceh itu miskin,” tulisnya dalam akun Twitter-nya. Selanjutnya, Alison Croggon dalam akun @alisoncroggon meminta maaf kepada rakyat Aceh. Dia menyebutkan bantuan itu tulus.

”Bantuan itu tulus, tidak seperti politisi kita,” tulisnya. Sementara itu, beberapa media Australia juga menyoroti kecaman dan aksi koin untuk Abbott. Sebagaimana dilansir situs berita online Australia The New Daily, hashtag#Koinuntuk Australia merupakan reaksi atas komentar Abbott yang mengaitkan bantuan kemanusiaan tsunami Aceh pada 2004 dengan rencana eksekusi mati warga Australia. Dilaporkan bahwa warga Indonesia mengunggah foto dan aktivitas penggalangan koin untuk Abbott.

Kemudian Sydney Morning Herald juga melaporkan PM Abbott menghadapi serangan media sosial oleh penduduk Indonesia. Disebutkan pula ejekan terhadap Abbott sebagai bentuk kemarahan karena Australia dinilaimemilikipamrihsaatmembantu korban bencana tsunami. ”Kecaman itu menunjukkan bagaimana komentar Abbott mendapatkan bumerang buruk dari warga Indonesia,” tulis Sydney Morning Herald.

Andika hendra m
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)