Kronologi Pertemuan Tjahjo Kumolo dan Abraham Samad

Senin, 16 Februari 2015 - 14:55 WIB
Kronologi Pertemuan Tjahjo Kumolo dan Abraham Samad
Kronologi Pertemuan Tjahjo Kumolo dan Abraham Samad
A A A
JAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo tidak membantah pernah bertemu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Tjahjo menuturkan semula dirinya tidak pernah mengenal dan bertemu Samad secara langsung. Dia baru bertatap muka dengan Samad saat yang bersangkutan mengisi pembekalan calon anggota legislatif (caleg) PDIP sebelum Pemilihan Anggota Legislatif 2014.

"Pak Abraham Samad hadir dua kali (dalam pembekalan) dan sekali diwakili," kata Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/2/2015).

Selain forum itu, Tjahjo yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ini tidak pernah bertemu dengan Samad di berbagai kesempatan.

"Saya menyerahkan LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara) ke KPK juga diterima Pak Zulkarnaen," tandasnya.

Tjahjo pun menceritakan awal mula pertemuan dirinya dengan Samad, seperti yang sebelumnya diungkap Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Pertemuan dengan Abraham, kata dia, berawal saat dirinya berkenalan dengan seseorang bernama David. "Saya diperkenalkan oleh anggota kami yang kebetulan ketua partai di Surabaya dengan orang bernama dokter David, ya kenal biasa saja mengobrol," tandasnya.

Kemudian, kata dia, David datang ke kantor PDIP. Pada saat itu, David mengaku sahabat Abraham. "Kalau Pak Tjahjo mau bertemu dengan Pak Abraham Samad, saya bisa membantu," kata Tjahjo menirukan ucapan David.

Tjahjo pun mencoba untuk bersilaturahmi dengan Samad. Dalam pertemuan itu, dia mengajak Hasto di lokasi yang telah disepakati. "Kita mau datang mau silaturahmi saja," ujar Tjahjo.

Setelah bertemu David, dia mengaku diajak berjalan kaki menuju apartemen Pacifik Place, lokasi pertemuannya dengan Samad. "Saya, Hasto sama David diterima Pak Abraham Samad," lanjutnya.

Dalam pertemuan itu juga hadir pemilik apartemen Pacifik Place, Supriyansah. Tjahjo menegaskan tidak ada pembicaraan spesifik saat itu.

"Yang dibicarakan tidak ada spesifik, wong ngobrol. Baru pertama kali, tidak membahas cawapres. Soal salah atau melanggar SOP (standar operasional prosedur) yang tahu Pak Abraham Samad. Saya hanya diajak," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6478 seconds (0.1#10.140)