Bupati Deliserdang Buka MTQ FSN

Kamis, 12 Februari 2015 - 12:47 WIB
Bupati Deliserdang Buka MTQ  FSN
Bupati Deliserdang Buka MTQ FSN
A A A
DELISERDANG - Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, didampingi Wakil Bupati Zainuddin Mars melepas Pawai Taaruf pertanda dibukanya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 dan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-37 tingkat Kabupaten Deliserdang. Acara dipusatkan di lapangan sepak bola Said Amir Hamzah, Kecamatan Beringin, kemarin.

Peserta pawai terdiri dari utusan 22 kecamatan, perkumpulan ibu pengajian dan perwiridan, Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), siswa SLTP, SLTA, pramuka, tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur organisasi kemasyarakatan pemuda, lintas agama dan etnis.

Pembukaan bertambah meriah dengan tampilnya atraksi marching band dan atraksi budaya bangsa, kuda kepang, reog ponorogo, tortor, dan barongsai. Turut hadir dalam pembukaan ini di antaranya, Ketua DPRD Deliserdangl, Ricky Prandana Nasution; unsur FKPD; Ketua TP PKK, Yunita Ashari Tambunan; Ketua GOPTKI, Asdiana Zaiunuddin; Sekdakab Asrin Naim; para asisten, staf ahli, pimpinan SKPD, pimpinan FKUB, LVRI dan para camat se-Kabupaten Deliserdang.

Sebelum festival dibuka, Bupati Ashari Tambunan secara simbolis memukul bedug sekaligus melantik dewan hakim (juri). Dalam kesempatan itu, Ashari Tambunan menerima beras Sipirni Tondi dari etnis Tobasahuta sebagai ungkapan partisipasi menyukseskan pelaksanaan MTQ.

Ashari juga menyaksikan pagelaran sendratari syiar Islam gabungan siswa SLTA serta peninjauan stan pameran perwakilan keca-matan dan instansi terkait. Dalam kesempatan itu, Bupati Ashari Tambunan mengatakan pelaksanaan MTQ dan FSN adalah salah satu visi misi pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Deliserdang dalam membangun umat yang religius dan bersatu dalam kebhinnekaan.

“Deliserdang yang maju, berdaya saing, religius, dan bersatu dalam kebhinnekaan,” katanya. Ketua panitia pembukaan MTQ dan FSN Deliserdang, Syafrullah, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini dihelat hingga 14 Februari 2014. Sementara jumlah peserta beserta official berjumlah 624 orang.

Sedangkan cabang yang diperlombakan yakni Tilawah dewasa, remaja, dan tunanetra, cabang Tilawah anak-anak atau Tartil Quran, Hafsil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, dan Khottil Quran. Tahun ini juga diperlombakan Qira’at Sab’ah; Tafsir Quran; dan Makalah Ilmiah Alquran. Sedangkan ketua dewan hakim dipimpin oleh Yusuf Ady. ?
M andi yusri

Pematangsiantar Mulai Lirik SPIPISE
Capt - Wali Kota Pematangsiantar, Hulman Sitorus, menyaksikan pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektronik yang baru diluncurkan BPPT Kota Pematangsiantar.

PEMATANGSIANTAR – Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Pematangsiantar kini punya tugas tambahan baru dari Wali Kota Hulman Sitorus. BPPT harus mampu membangkitkan kehadiran investor di Kota Pematangsiantar setelah sistem pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektronik (SPIPISE) diaktifkan.

Hulman Sitorus mengatakan, pelayanan secara elektronik merupakan perwujudan pelayanan yang baik dan prima kepada penanam modal. Investor bisa mendapatkan informasi tentang pelayanan perizinan tanpa harus datang ke Kantor BPPT. Dengan pelayanan informasi elektronik, tandas Hulman, investor akan mendapatkan peluang-peluang investasi di Kota Pematangsiantar dengan mudah dan cepat sekaligus proses pengurusan izinnya.

“Saya menyambut baik diluncurkannya pelayanan infor-masi dan perizinan investasi secara elektronik, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kehadiran investor di Kota Pematangsiantar,” kata Hulman. Hulman menambahkan, jika kehadiran investor meningkat, akan memberikan banyak dampak positif bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan mengurangi pengangguran.

Dia juga bangga dengan diluncurkannya pelayanan informasi dan perizinan investasi secara elektronik oleh BPPT, karena di seluruh wilayah Sumut hanya dua daerah yang telah melaksanakan terobosan perizinan online ini, yaitu Pematangsiantar dan Tobasa.

Kepala BPPT Kota Pematangsiantar, Esron Sinaga, mengatakan, sistem perizinan online ini dibuat dengan harapan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus perizinan. "Ini untuk mempercepat pengurusan perizinan yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya

Ricky hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)