Kepingan Sejarah yang Inspiratif

Sabtu, 07 Februari 2015 - 12:18 WIB
Kepingan Sejarah yang Inspiratif
Kepingan Sejarah yang Inspiratif
A A A
Ada banyak film yang diangkat ke layar lebar berasal dari kisah nyata maupun sejarah. Selain Film “Di Balik 98” masih ada film “Habibie Ainun”, “3 Nafas Likas” ,“Soekarno” serta “Sang Kyai”.

Film yang diangkat dari kisah nyata selalu memiliki daya tariknya sendiri. Alasannya beragam. Salah satunya, menjadi inspirasi bagi para penontonnya karena kejadian yang ada di film itu benar-benar terjadi. Selain itu, sedikit banyak film yang diangkat dari kisah nyata menampilkan keping-keping sejarah Indonesia yang berpadu dengan cerita kehidupan masing-masing tokohnya. Nah, berikut beberapa yang bisa kamu simak:

Habibi Ainun

Film ini tidak hanya menampilkan konflik keluarga, namun juga konflik kehidupan Habibie yang berawal dari Menteri, lalu menjadi Wakil Presiden dan akhirnya menjadi Presiden RI. Habibie terpaksa harus meninggalkan keluarganya di Jerman untuk membangun industri pesawat di Indonesia.

Habibie yang berusaha sekuat tenaganya untuk mewujudkan impian serta janjinya kepada Ainun harus menunda liburan keluarga karena diangkatnya Habibie menjadi presiden. Film ini juga dianggap sebagai tonggak munculnya filmfilm serupa setelah Habibi Ainun dirilis. Sejarah tidak selalu harus menampilkan cerita yang menjemukan, tapi juga dapat menampilkan cerita kehidupan, terutama kehidupan di dalam keluarga.

Soekarno

Film yang menceritakan kehidupan sang proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Perjalanan kehidupan presiden Soekarno yang dibalut dengan cerita cinta dan perjalanan politiknya dipadu apik dalam film ini. Meskipun sempat mengalami penolakan, namun film ini mampu menjadi inspirasi para generasi muda, bahwa perjuangan Soekarno yang tanpa lelah dan tanpa rasa takut demi menjadikan Indonesia negara yang merdeka patut kita teladani.

3 Nafas Likas

Film yang berlatar era 1930-an hingga 2000-an ini menyuplik beberapa kejadian penting di Indonesia. Mulai dari pergolakan revolusi 1960-an hingga masa kejayaan perekonomian Indonesia. Cerita dalam film ini berlatar di tiga lokasi; tujuh kota di Sumatera Utara, Jakarta, hingga ke Ottawa, Kanada. Mengisahkan perempuan istimewa bernama Likas yang menjalani kehidupan luar biasa.

Likas kemudian berhasil meraih berbagai pencapaian dan keberhasilan, karena ia memegang teguh tiga janji yang pernah diucapkannya kepada tiga orang terpenting dalam hidupnya. Janji pada Ibu, Kakak dan suaminya, yang dipegang teguh dalam setiap tarikan nafasnya. Nafas yang memberikan ruh dan semangat dalam setiap tindakan, serta keputusannya. Keputusan yang lahir atas janjinya untuk terus berjuang dan berlandaskan kerinduannya akan cinta.

Sang Kiai

Sang Kiai merupakan sebuah film kolosal yang mengangkat kisah perjuangan ulama karismatik pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, yakni K.H. Hasyim Asy’arie (kakek dari K.H. Abudrrahman Wahid/Gus Dur) yang juga pendiri Nahdlatul Ulama . Beliau adalah tokoh kunci dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada era 1942-1947.

Lewat “Resolusi Jihad”, tokoh yang dijuluki Hadratus Syeikh atau Maha Guru ini mengimbau dan mengajak para santri pejuang untuk berjihad fisabilillah melawan penjajah yang kemudian melahirkan peristiwa perang besar yang kita kenal sebagai hari Pahlawan 10 November 1945.

ABDURRAHMAN RANALA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7287 seconds (0.1#10.140)