Uskup Perempuan Pertama di Gereja Inggris

Rabu, 28 Januari 2015 - 12:18 WIB
Uskup Perempuan Pertama di Gereja Inggris
Uskup Perempuan Pertama di Gereja Inggris
A A A
YORK - Libby Lane mendobrak gaya kepemimpinan gereja Inggris selama berabad-abad dengan menjadi uskup perempuan pertama.

Lane telah bersumpah di depan ratusan uskup lainnya akan setia dan taat pada aturan gereja. Sekitar 100 uskup dan 2.000 jemaat berkumpul di Gothic Splendor of York Minster untuk menyaksikan upacara pengangkatan Lane menjadi uskup. Isak tangis, tepuk tangan, dan sorak sorai mewarnai sejarah gereja Inggris yang untuk pertama kalinya menobatkan perempuan sebagai seorang uskup.

Namun, upacara tersebut sempat terganggu dengan protes beberapa uskup konservatif yang menentang pengangkatan dengan menyebut perempuan tidak pernah disebutkan di dalam alkitab untuk memimpin gereja. “Saya mengalami mingguminggu yang menakjubkan ketika dinominasikan menjadi uskup dan mendapat banyak pesan. Mereka adalah orangorang yang tidak bisa berkomunikasi langsung dengan gereja Inggris,” jelas Lane dilansir Channelnewsasia.

Bagi rakyat Inggris, Lane adalah harapan baru bagi masa depan gereja yang tengah berjuang untuk memberikan jabatan uskup kepada siapa saja tidak berdasarkan gender atau ras tertentu. Perdana Menteri Inggris David Cameron pun menyebut, pengangkatan Lane sebagai langkah bersejarah dalam kesetaraan gender di Gereja. Lane akan menjadi contoh bagi perempuan lainnya untuk lebih berani menampilkan diri dalam dunia keuskupan dan menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berkontribusi banyak pada gereja.

Lane sendiri dari kecil dikenal sebagai perempuan mandiri dan cerdas, tak heran jika kini dia bisa meraih prestasi tertinggi dalam dunia keuskupan Inggris tersebut. Perempuan dengan nama lengkap Elizabeth Jane Holden “Libby” Lane adalah uskup gereja Inggris yang sebelumnya menjadi uskup Stockport, seorang uskup sufragan di keuskupan Chester.

Lane meraih gelar sarjananya di Peter College, Oxford, kemudian melanjutkan masternya ke Master of Arts (MA Oxon) dan kemudian belajar untuk penahbisan di Cranmer Hall, Durham University. Pada 1990 Lane menikah dengan pendeta George Lane yang juga seorang iman Anglikan. Dari pernikahan ini Lane melahirkan dua orang anak. Pada 1993 Lane ditahbiskan gereja Inggris sebagai diaken dan menjadi imam pada 1994.

Dari 2000-2014 ia menjabat di Keuskupan Chester. Pada 2013 Lane terpilih menjadi satu dari delapan pengamat dewan uskup mewakili barat laut Inggris.

Rini agustina
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7431 seconds (0.1#10.140)