Edgar Lungu Jadi Presiden Zambia

Selasa, 27 Januari 2015 - 10:59 WIB
Edgar Lungu Jadi Presiden Zambia
Edgar Lungu Jadi Presiden Zambia
A A A
LUSAKA - Menteri Pertahanan Zambia Edgar Lungu memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden Zambia. Dia unggul tipis dari pesaingnya, Hakainde Hichilema.

Lungu yang diusung Partai Front Patriotik berhasil meraih 48,33% suara sementara Hichilema meraih 46,67% suara. Kemenangan Lungu pun disambut sorak-sorai para pendukungnya. Mereka setia menunggu Komisi Pemilihan Zambia mengumumkan hasil pemilu pada Minggu (25/1) kemarin.

Beberapa ruas jalan dipenuhi arak-arakan perayaan. Polisi kemudian membubarkan mereka dengan gas air mata agar mereka lebih tertib. Namun, kemenangan Lungu dianggap Hichilema tidak sah dan penuh kepalsuan. Hichilema yang berlatar belakang pengusaha mengatakan, dari awal pemilu memang berjalan tidak adil. Dia mengaku pendukungnya menerima kekerasan menjelang pemungutan suara.

“Kami menerima banyak kekerasan selama kampanye serta penyimpangan dalam proses penghitungan, jadi saya tidak menerima kekalahan ini,” ungkap Hichilema. Wajar jika Hichilema tidak terima dengan hasil ini sebab Lungu memang kerap terlibat perebutan kekuasaan. Terakhir dia terlibat dalam perebutan menjadi penguasa Front Patriotik setelah kematian pemimpin partai tersebut, Michael Sata, akhir tahun lalu. Lungu lahir pada 11 November 1956.

Dia mantan pengacara yang sempat menjalani pelatihan perwira militer di Miltez. Namun, tak berselang lama dia kembali membuka praktik hukum. Perjalanan politiknya dimulai ketika dia bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan Nasional di bawah pimpinan Anderson Mazoka. Namun, dengan alasan perbedaan visi dan misi, alumnus University of Zambia ini kemudian beralih ke Front Patriotik (PF).

Setelah PF memenangkan Pemilu 2011, Lungu menjadi menteri muda di Kantor Wakil Presiden. Dia kemudian dipromosikan menjadi menteri dalam negeri pada 9 Juli 2012. Selanjutnya ia menjadi menteri pertahanan pada 24 Desember 2013 setelah Geoffrey Bwalya Mwamba mengundurkan diri. Pengaruh Lungu di Zambia semakin kuat ketika Presiden Sata terbaring sakit pada kurun waktu 2013-2014.

Lungu ditunjuk menjadi pengganti sementara Sata. Ketika Sata meninggal pada 28 Oktober 2014, Wakil Presiden Guy Scott mengambil alih posisinya sebagai pejabat presiden. Namun, pada 3 November 2014 Presiden Scott diberhentikan Lungu.

Rini agustna
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6825 seconds (0.1#10.140)