Jalinsum Tapanuli Utara Lumpuh Total Akibat Longsor

Sabtu, 24 Januari 2015 - 13:35 WIB
Jalinsum Tapanuli Utara Lumpuh Total Akibat Longsor
Jalinsum Tapanuli Utara Lumpuh Total Akibat Longsor
A A A
TARUTUNG - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Km 7,5 Taurung, lumpuh total dan tidak dapat dilintasi.

Sedikitnya jalan tertimbun longsor sepanjang 50 meter dengan ketebalan erosi mencapai dua meter, kemarin. Akibat longsor tersebut, aktivitas lalu lintas di Narahar, Kelurahan Situmeang Habinsaran itu tidak dapat berfungsi dengan baik. Ratusan kendaraan bermotor harus menunggu lama karena jalan tidak dapat dilintasi.

Selain itu, kondisi tanah yang bercampur air menjadi salah satu kendala untuk melakukan pembersihan. “Penyebabnya intensitas hujan yang tinggi, tepatnya pukul 11:00 WIB tadi (kemarin) longsor ini langsung menutupi seluruh badan jalan,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput SDV Sihombing, kemarin.

Sihombing mengatakan, dinding tebing Jalinsum yang terdiri atas bronjong dan material tanah terkikis akibat beratnya beban karena curah hujan yang sangat besar. Terlebih, dalam beberapa pekan terakhir daerah tersebut memang diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, serta pihak Polres Taput untuk segera menanggulangi bencana longsor,” katanya. Sihombing mengatakan bahwa pihaknya telah menurunkan personil dan alat berat untuk percepatan pemulihan jalan tersebut.

Mereka menargetkan jalan harus dapat dilintas dalam waktu yang cepat. Jalan tersebut merupakan satusatunya jalur lintas negara yang menghubungkan kawasan Taput dengan beberapa kabupaten lainnya. “Saat ini tiga unit ekskavator dan satu unit backhoe loader diturunkan untuk membersihkan ribuan kubik material longsor dari badan jalan,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Taput AKP M Simamora mengatakan, pihak kepolisian telah menurunkan personil untuk pengamanan kendaraan yang sedang melakukan antre menunggu pemulihan jalan tersebut. Pihaknya sejauh ini memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor di daerah yang ramai lintasan tersebut.

“Sejauh ini kami menyimpulkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut, sebab Jalinsum yang biasanya ramai dengan lalu lalang kendaraan yang melintas, saat kejadian sedang dalam keadaan lengang,” katanya.

Baringin lumban gaol
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)