Ketika Pemakaman Mewah Jadi Pilihan

Rabu, 14 Januari 2015 - 15:38 WIB
Ketika Pemakaman Mewah Jadi Pilihan
Ketika Pemakaman Mewah Jadi Pilihan
A A A
Kompleks Pemakaman Mewah di Dunia

1.GREEN-WOOD CEMETERY - New York, Amerika Serikat
Kompleks pemakaman ini berada di atas bukit dengan ketinggian 60 meter di atas permukaan laut. Dengan kontur tanah seluas 1,9 kilometer persegi, pemakaman yang dibangun pada 1838 ini adalah kompleks pemakaman paling prestisius di negara bagian New York. Makam dibagi dalam berbagai jenis desain. Ada makam biasa yang sekadar memperlihatkan nisan, ada juga yang berupa mausoleum bergaya standar dan mewah. Untuk model nisan biasa, harganya dipatok USD1.515 (hampir Rp15 juta). Untuk dimakamkan di kompleks mausoleum, tanahnya dihargai USD27.800 (lebih dari Rp200 juta). Namun, jika ingin lebih prestisius lagi, ada bangunan mausoleum khusus, yang harganya lebih dari USD300,000 atau mencapai Rp2 miliar lebih

2.SANTA BARBARA CEMETERY - Amerika Serikat
Atmosfer pemakaman ini begitu tenang dan damai. Selain letaknya di atas bukit, pemakaman ini juga langsung menghadap ke Samudra Pasifik. Di Santa Barbara Cemetery, harga untuk area pemakaman yang paling murah dibanderol USD3.300 (nyaris Rp30 juta). Untuk mausoleum berbentuk standar harganya USD7.200 (sekitar Rp64 juta), untuk mauseloum di dekat lautan seharga USD21.000 (nyaris Rp200 juta), dan terakhir, untuk makam di atas bukit keluarga mendiang harus membayar USD83.000 (sekitar Rp700 juta)

3.CIMITIERE DU MONTPARNASSE - Paris, Perancis
Selain menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak ilmuwan dan orang penting Prancis, Cimitiere Du Montparnasse memiliki pemandangan indah serta suasana tenang dan damai. Di bagian tengah area pemakaman, terdapat taman indah luas, dengan hiasan patung perunggu besar karya pematung Horace Daillion yang dibuat pada tahun 1889. Kompleks pemakaman ini juga menjadi lokasi wisata para turis mancanegara

4.SAN DIEGO HILLS - Indonesia
Kompleks pemakaman San Diego Hills terletak di Karawang Barat dan menempati areal 500 hektare. Di San Diego Hills ada berbagai pilihan lokasi pemakaman yang disesuaikan dengan corak kepercayaan masyarakat. Untuk ukuran makam termurah seluas 1,5 meter x 2,6 meter, harga mencapai Rp8 juta. Ada tiga area pemakaman yakni pemakaman Kristen dan Katolik, Muslim dan Budha/Cina: Pemakaman umat Kristiani meliputi Light Mansion, Moonbeam Mansion, Sovereignty Mansion, Adoration Mansion dan Breath of Life Mansion. Pemakaman Muslim yakni Al Maajid Mansion, Fitrah Mansion, Mercy Mansion, Midday Mansion, Wisdom Mansion, Before Down Mansion dan Isya Mansion. Sedang Diamond Mansion, Pearl Mansion dan Jade Mansion khusus lahan pemakaman khusus penganut Budha maupun orang Cina. Harga: Tipe Single Burial Muslim yaitu Mansion Isya harganya mencapai Rp30 jutaan (net price), Mansion Al Maajid Rp 25,9 jutaan,dan Mansion Wisdom Rp 22,2 jutaan Tipe Single Burial Universal yaitu Mansion Soverignty harganya Rp32,3 jutaan, Mansion Peacefulness Rp 23,2 jutaan,dan Mansion Light Rp22,8 jutaan. Adapun tipe Semi Private (dua makam) harganya bisa mencapai Rp100 juta dan tipe Private Estate sekitar Rp500 juta.

5.AN BANG VILLAGE - Vietnam
Untuk membangun makam di kompleks pemakaman An Bang, Phu Vang harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya makam harus dibuat sedalam mungkin dengan pondasi kokoh. Selanjutnya, makam juga harus menggunakan bahan mewah. Tak lupa, makam harus didekorasi dengan empat binatang spiritual, yakni unicorn, kura-kura, phoenix dan naga. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun makam di sini pun tak kurang dari 50.000 USD per unitnya

Makam-Makam Mewah di Indonesia

Selain San Diego Hills di Karawang Jabar, terdapat sejumlah pemakaman mewah di Indonesia. Makam-makam inikebanyakan dimiliki orang-orang kaya dengan harga jutaan sampai miliaran rupiah.

1.Al-Azhar Memorial Garden, Karawang
Merupakan makam elite khusus umat Muslim yang dikelola Yayasan Pesantren Islam (YPI). Letaknya sekitar dua kilometer dari kompleks San Diego Hills. Daya tampung makam ini hingga 30 ribu lubang. Harga yang ditawarkan meliputi empat tipe, yakni single Rp23 juta, double Rp 76,5 juta, family (4 orang) seharga harga Rp209,5 juta, dan paket keluarga (10 orang) seharga Rp185 juta.

2.Oasis Lestari, Tangerang
Disebut-sebut sebagai pionir pemakaman mewah di Indonesia yang diresmikan pada 5 April 2005. Oasis Lestari merupakan tempat pemakaman milik Dana Pensiun Konferensi Waligereja Indonesia (DP KWI) yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Km 7– 8, Jatake Tangerang. Tarif kremasi yang ditawarkan adalah peti kecil ukuran 80–100 cm sebesar Rp4 juta, peti dewasa tebal tebal 2–3 cm senilai Rp5,25juta, peti dewasa 4 cm dibanderol Rp6 juta, dan termahal peti dewasa 8 cm harganya Rp8 juta.

3.Nirwana Memorial Park, Pasuruan Jatim 5
Kompleks pemakaman ini berlokasi di Kabupaten Pasuruan dengan luas 60 hektare. Nirwana Memorial Park diresmikan Juli 2011. Menurut informasi, Nirwana didirikan Boedi Sampoerna, tokoh perusahaan PT HM Sampoerna Tbk.

4.Taman Makam Quilling, Bogor
Pemakaman ini dikhususkan untuk kalangan Tionghoa yang berlokasi di Jonggol, Bogor. Pemakaman ini dibangun oleh Suwito Muliadi yang mendirikan Yayasan Naga Sakti. Harga tanah di pemakaman ini antara Rp2,5 juta hingga ratusan juta.

5.Mount Carmel, Semarang
Ini merupakan taman pemakaman modern pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Mount Carmel luasnya 100 hektare dan dikembangkan oleh PT Pagoda Karya Abadi. Selain di Semarang, kompleks pemakaman mewah juga ada di Kawengen, Ungaran Timur yakni Heaven Hill Memorial Park dengan luas 10 hektare

Koran SINDO
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3352 seconds (0.1#10.140)