Anak-Anak Perlu Tontonan TV yang Layak

Rabu, 14 Januari 2015 - 10:35 WIB
Anak-Anak Perlu Tontonan TV yang Layak
Anak-Anak Perlu Tontonan TV yang Layak
A A A
JAMBI - Tayangan televisi memiliki pengaruh besar terhadap anak-anak. Konten di televisi biasanya mudah mereka tiru tanpa mengetahui dampaknya.

Pemilihan tayangan televisi yang tidak tepat, secara langsung akan memberikan dampak psikologis yang buruk kepada anak yang menontonnya. Direktur SindoTV Wijaya Kusuma mengatakan, pencegahan dampak negatif tayangan televisi terhadap anak ini dapat dilakukan dengan kemampuan media literasi atau memilah tayangan yang tepat dan layak untuk anak.

”Anak-anak sangat rentan dan mudah meniru. Karena itu, mereka harus mendapat tayangan yang baik dan tepat. Jangan sampai ada adegan kekerasan yang ditonton oleh anakanak,” katanya saat kegiatan corporate social responsibility (CSR) MNC Group tentang media literasi kepada ratusan anak sekolah dasar di SD Adhyaksa, di Kota Jambi, Jambi, kemarin. Selain Wijaya, hadir sebagai pembicara dalam acara ini adalah Ketua Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Jambi Ertati Ahmad.

Menurut Wijaya, stasiun televisi memiliki ribuan jenis konten dan tayangan yang bervariasi untuk berbagai rentang usia penontonnya. Pemetaan tayangan televisi mutlak dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak-anak menonton acara yang tidak sesuai dengan usianya. Anak-anak harus mendapat tayangan yang layak dan baik sesuai dengan usianya masing-masing. Pendapat serupa dikemukakan Ertati Ahmad.

Dia menilai saat ini belum semua orang tua dan para pendidik di sekolah memiliki pemahaman yang baik dan menerapkan pengawasan terhadap tontonan anakanak di televisi. Kegiatan media literasi sangat penting untuk mencegah dampak buruk yang dapat diakibatkan oleh tontonan yang tidak tepat untuk anak.

”Kegiatan seperti ini sangat membantu KPI untuk memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana memilah dan memilih acara televisi yang layak dan sesuai dengan usianya,” kata Ertati. Kegiatan ini mendapat respons dan antusiasme yang tinggi dari ratusan anak dan para pendidik di SD Adhiyaksa, Kota Jambi. Berbagai bentuk edukasi dilakukan antara lain dengan memberikan contoh sejumlah tayangan yang tepat untuk anak, berbagai permainan edukatif, dan sesi tanya jawab dengan orang tua dan pendidik.

Di akhir acara, MNC Group juga memberikan bantuan dengan melakukan pemasangan perangkat Indovision untuk publik. Perangkat Indovision ini dipasang di Samsat Kota Jambi dan Kelurahan Tampanolera.

M ridwan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5811 seconds (0.1#10.140)