Dubai Ciptakan Pakaian Khusus Unta

Sabtu, 10 Januari 2015 - 14:36 WIB
Dubai Ciptakan Pakaian Khusus Unta
Dubai Ciptakan Pakaian Khusus Unta
A A A
Tidak hanya manusia yang membutuhkan pakaian untuk membalut tubuh, hewan pun demikian. Belum lama ini perusahaan Al Shibla yang berbasis di Uni Emirat Arab menciptakan pakaian kompresi untuk unta dari bahan lycra.

Baju kompresi telah lama dikenakan untuk kuda saat adu pacu untuk meningkatkan kemampuannya. Perusahaan ini yakin bahwa unta juga berhak merasakan kenyamanan berpakaian. “Jika pakaian ini cocok untuk kuda, kenapa kita tak mencobanya pada unta?” tutur Anne Wolter, kepala penelitian dan pengembangan Al Shibla.

Baju unta yang terbuat dari material lembut dan tebal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan sedikit menyempitkan pembuluh darah. Pakaian ini dikenakan sebelum dan sesudah unta menjalani latihan. Dengan memakai pakaian ini, unta bisa meningkatkan asupan oksigen dan darah ke otot, serta mengurangi asam laktat yang dapat membuat kram otot. Seluruh badan unta ditutupi pakaian khusus ini, kecuali bagian kepala, leher, dan persendian.

“Baju ini dapat menolong unta berlari cepat saat balapan,” ungkap Wolter, dikutip Odditycentral. “Setiap orang akan tertarik karena sudah sejak lama untaunta balapan hanya menggunakan selimut setelah berlatih,” tutur Wolter. Baju kompresi khusus unta ini diperkenalkan pada Festival Unta di Al Dhafra, Desember 2014 lalu. Banyak orang yang sudah memesan pakaian unta ini dengan tulisan nama pemilik dan sponsornya. Pakaian unta ini dipatok seharga USD1.000 (sekitar Rp12,6 juta).

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3982 seconds (0.1#10.140)