Lintasan Lari Dibangun di Atas Gedung Sekolah

Jum'at, 09 Januari 2015 - 09:54 WIB
Lintasan Lari Dibangun...
Lintasan Lari Dibangun di Atas Gedung Sekolah
A A A
Untuk menghemat penggunaan lahan, Sekolah Dasar (SD) Tiantai Chicheng di Kota Tiantai, Provinsi Zhejiang, China membangun lintasan lari di atas gedung sekolah. Lintasan lari tersebut berbentuk lonjong sepanjang 200 meter untuk setiap lintasan dengan total area mencapai 3.000 meter persegi.

Kepala SD Tiantai Chicheng Qiu Tianguo mengatakan, pihaknya sengaja membangun lintasan lari di atas gedung sekolah empat lantai karena tidak lagi memiliki lahan yang cukup untuk tempat bermain dan lintasan lari. Sekolah tersebut berdiri di atas lahan seluas 7.210 meter persegi. Saat ini sekolah yang menduduki peringkat kedua di China tersebut memiliki 1.800 siswa.

”Lintasan yang terletak di atap bangunan ini menjadi jalan keluar yang amat baik. Para siswa menyukai lintasan ini dan dijadikan tempat bermain,” ungkap Chicheng, dikutip Chinadaily. Tianguo menambahkan, keamanan menjadi faktor utama yang sangat diperhatikan pada lintasan lari di atas atap ini.

Tiga bentuk lapisan perlindungan memberi rasa aman bagi para siswa yang beraktivitas di lintasan. Lapisan luar pelindung adalah bahan kaca yang dikeraskan setinggi 1,8 meter dan tidak bisa dipanjat. Pelindung tengah dipasang sabuk pengaman berwarna hijau. Lapisan dalam dipagari dengan rel baja antikarat setinggi 1,2 meter.

Menurutnya, ketika para siswa melakukan aktivitas bermain atau berolahraga, mereka selalu didampingi guru pengawas serta dipantau CCTV yang dipasang di sekeliling lintasan. Kamera ini memastikan para siswa dalam situasi yang aman. ”Keselamatan para siswa merupakan jaminan yang sangat diperhatikan,” tambah Tianguo. Pada pameran arsitektur ke-14 di Venice, Italia, belum lama ini, rancangan lintasan dan bermain di atap itu terpilih untuk mewakili China.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0835 seconds (0.1#10.140)