Layani Jalur Surabaya dan Gresik

Kamis, 08 Januari 2015 - 12:33 WIB
Layani Jalur Surabaya dan Gresik
Layani Jalur Surabaya dan Gresik
A A A
SUMENEP - Setelah beberapa kali tertunda, Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, akhirnya akan beroperasi akhir Januari mendatang. Pada jadwal perdananya, Maskapai Susi Air yang menjadi partner bandara akan melayani rute Sumenep- Surabaya dan Sumenep- Bawean, Gresik.

Maskapai Susi Air sendiri akan mengoperasikan pesawat dengan kapasitas 12 penumpang baik tujuan Sumenep- Surabaya maupun Sumenep - Bawean. Sementara tiket penerbangan kedua rute tersebut hanya dibanderol Rp150.000 per orang. Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, M Choyroni Argot menyatakan, Bandara Trunojoyo akan beroperasi melayani jalur perintis yang untuk sementara ini masih dua rute menyesuaikan jadwal pesawat.

Choyroni menjelaskan, kepastian beroperasinya pesawat di Bandara Trunojoyo ini tidak akan mundur lagi. Itu diperkuat dengan adanya penandatanganan kerja sama antara pihaknya dan Maskapai Susi Air, milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Choyroni menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi agar jadwal penerbangan pertama dengan pesawat Susi Air bisa terlaksana dan tidak sampai tertunda lagi.

Dia juga mengaku bersama jajarannya terus memantau di Bandara Trunojoyo menjelang beroperasi nanti. “Mudah-mudahan tidak sampai tertunda lagi, sehingga bisa memulai penerbangan perdana untuk Kabupaten Sumenep,” kata Choyroni. Dia berharap jalur keperintisan dengan pesawat Susi Air nanti bisa berjalan lancar dan maksimal.

Setidaknya, keberadaan bandara yang ditunggu-tunggu sejak lama bisa membantu dan mempercepat akses transportasi bagi warga Sumenep yang akan berpergian ke luar kota. Di sisi lain, anggota DPRD Kabupaten Sumenep Abrari Alzael meminta agar pihak terkait terlebih dulu mengecek kondisi di lapangan.

Langkah itu sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebelum Bandara Trunojoyo dibuka untuk umum. Meski demikian, pria yang akrab dipanggil Abe itu mengapresiasi keseriusan Pemkab Sumenep untuk mengoperasikan Bandara Trunojoyo.

Termasuk, bisa bekerja sama dengan Maskapai Susi Air yang juga telah lama berkiprah dalam bidang transportasi udara. “Saya harap cek dahulu kesiapan secara keseluruhan, sehingga nanti tidak ada masalah dan bisa beroperasi secara maksimal. Utamanya terkait dengan keselamatan (safety ) penumpang,” ucapnya.

Subairi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6014 seconds (0.1#10.140)