Cetak Sejarah sebagai Gubernur California

Rabu, 07 Januari 2015 - 10:52 WIB
Cetak Sejarah sebagai Gubernur California
Cetak Sejarah sebagai Gubernur California
A A A
CALIFORNIA - Jerry Brown mencetak sejarah baru dengan menjadi gubernur California untuk keempat kalinya. Pada masa jabatan keempatnya ini, Brown akan fokus pada isu perubahan iklim dan penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Pemimpin dari Partai Demokrat ini menilai California memerlukan banyak perubahan, salahsatunya dengan mengurangi penggunaan karbon yang sangat membahayakan lingkungan. Sosok 76 tahun ini mengatakan, penggunaan energi yang ramah lingkungan bakal menyelamatkan masa depan anak-anak di negara bagian yang paling padat penduduknya ini.

Brown mengungkap bahwa California berada di persimpangan jalan. Program baru perlu disusun untuk menjamin masa depan yang lebih baik tanpa mencuri secara berlebih energi yang ada pada masa kini, “Kita harus menunjukkan bahwa mengurangi penggunaan karbon dapat mempertahankan keseimbangan ekonomi kita dan membuat manusia lebih sejahtera,” ujar Brown, dilansir BBC.

Pria bernama lengkap Edmund Gerald “Jerry” Brown ini adalah gubernur ke-39 California. Sebelumnya ia menjabat sebagai Gubernur California ke-34 dari tahun 1975 sampai 1983, kemudian terpilih kembali pada 2011 dan 2014. Dia adalah anggota dari Community College District Dewan Los Angeles (1969-1971), Sekretaris Negara Bagian California (1971-1975), Ketua Partai Demokrat California (1989- 1991), Wali Kota Oakland (1999-2007 ), dan Jaksa Agung California (2007-2011).

Alumnus Yale Univesity ini pernah menjadi nominasi presiden pada tahun 1976, 1980, dan 1992, dan merupakan kandidat Demokrat untuk senat di California pada tahun 1982, tetapi tidak berhasil dalam upaya tersebut. Suami dari Anne Gust ini digadang-gadang akan kembali menjadi nominasi presiden dari Partai Demokrat untuk pemilu 2015. Brown sendiri ingin mencalonkan diri jika itu memang keinginan partainya.

Sejak tahun lalu Brown mulai fokus pada isu lingkungan dan banyak menerapkan kebijakan untuk melindungi alam dari kerusakan. Hal ini tak lain karena California sudah hampir mengalami krisis air bersih. Brown berupaya mendorong masyarakat California untuk kembali hidup sederhana dan bersahabat dengan alam untuk menjaga sumber dayanya yakni air dan tanah yang subur.

Menurutnya, lingkungan kotor mengundang risiko berbagai macam penyakit yang dapat merusak generasi muda California. Brown berpendapat, alam yang terjaga akan mewujudkan keseimbangan ekonomi dan anak-anak pun sehat secara fisik dan mental.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7301 seconds (0.1#10.140)