Pengamanan JNF Dievaluasi

Sabtu, 03 Januari 2015 - 15:01 WIB
Pengamanan JNF Dievaluasi
Pengamanan JNF Dievaluasi
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya akan melakukan analisis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan Jakarta Night Festival (JNF) menyambut pergantian Tahun Baru 2015 di Bundaran Hotel Indonesia dan Monas.

Sebabpola pengamanan dan pengaturan lalu lintasnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, memang ada sedikit perubahan dalam pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas saat JNF atau pesta kembang api seperti di Ancol.

“Kita bekerja sama dengan pengelola supaya mobil setelah jam 17.00 WIB tidak ada lagi yang masuk, jadi pengelola menyiapkan bus. Jadi lebih tertib lagi,” katanya di Jakarta kemarin. Menurut dia, alasan dilakukannya batas jam melintas bagi kendaraan di Ancol itu untuk menghindari terjadinya penumpukan dan kepadatan kendaraan di lokasi wisata tersebut.

Pihaknya khawatir akan terjadi macet total mengingat banyak kendaraan besar dan beban berat yang melintas di sana. “Ini semua berjalan lancar, petugas mengatur dengan baik. Ini akan dilakukanlagitahundepan,” ujarnya. Di samping itu, pihaknya juga membuat kanalisasi di Bundaran HI dengan mengunci panggung konser dengan pagar yang dipakai untuk patroli polisi di tengah keramaian.

“Itu untuk evakuasi bila ada kejadian seperti sakit, maling, kecopetan, dan lain-lain. Ini efektif dan akan diperbaiki dari waktu ke waktu,” bebernya. Rikwanto menegaskan, secara keseluruhan JNF pada malam pergantian Tahun Baru 2015 di Bundaran HI dan Monas, Jakarta Pusat, berjalan lancar. “Pada umumnya pelaksanaan tahun baru pergantian waktu dari 2014 ke 2015 lancar, aman dan kondusif,” tegasnya.

Memang masih ada sedikit kejadian-kejadian kecil yang pada umumnya di tempat keramaian seperti itu, di antaranya kecopetan, kehilangan keluarga. “Tapi itu bisa ditangani dengan baik. Sebanyak 23 laporan kecopetan di HI dan itu diproses, kehilangan keluarga juga ditangani baik oleh public service kita di sana,” ujarnya.

Menurut dia, untuk keamanan tidak ada yang mengganggu pada pesta kembang api di wilayah hukum Polda Metro Jaya khususnya di Bundaran HI dan Monas. Dalam JNF 204 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan sembilan panggung hiburan untuk rakyat. Selain itu juga menggelar pameran usaha kecil menengah di sepanjang jalan dari HI-Monas. Ribuan warga Jakarta memadati jalanan dan kawasan Monas untuk menyaksikan malam pergantian tahun.

Helmi syarief
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3886 seconds (0.1#10.140)