Musim Hujan, Jalur Puncak Rawan Longsor

Rabu, 31 Desember 2014 - 09:49 WIB
Musim Hujan, Jalur Puncak Rawan Longsor
Musim Hujan, Jalur Puncak Rawan Longsor
A A A
BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengimbau warga Jabodetabek yang biasa menghabiskan libur di kawasan Puncak untuk mewaspadai bencana longsor.

Berdasarkan mitigasi bencana terdapat banyak titik rawan longsor di kawasan berhawa sejuk itu, terlebih saat musim penghujan. “Saat malam pergantian tahun, biasanya kawasan Puncak selalu diguyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi. Di jalur utama, ada dua titik rawan longsor yang memang sering terjadi, sedangkan di jalur alternatif seperti Bukit Pelangi, Pasir Muncang, dan seterusnya masih banyak jalur curam serta titik rawan longsor,” kata Kepala Seksi Logistik dan Informasi BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo kemarin.

Dia memaparkan, selama Desember ini di kawasan Puncak sudah terjadi tiga kali musibah longsor. Dua di jalur utama Puncak, tepatnya Riung Gunung, Tugu Selatan hingga menyebabkan kemacetan. Satu lagi longsor terjadi di permukiman penduduk di Kampung Pondok Caringin, Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor yang mengakibatkan seorang warga tewas.

“Untuk Desember memang banyak kejadian. Hal itu karena cuaca ekstrem yang sering terjadi di kawasan Puncak,” jelasnya. Secara keseluruhan, di Kabupaten Bogor terdapat 17 kecamatan yang dinyatakan rawan longsor. Dari ke-17 kecamatan itu dibagi menjadi tiga zona, yakni Bogor bagian selatan, timur, dan barat.

“Wilayah selatan seperti di Puncak dan Cigombong, timur itu Cariu dan Tanjungsari, sementara barat lebih banyak ada Tenjolaya, Nanggung, Jasinga, dan Cigudeg. Sementara untuk tengah dan utara relatif aman,” tandasnya. Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Bogor memprediksi hujan ringan hingga lebat akan terjadi selama sepekan ke depan.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga Dedi Sucahyono menjelaskan, hujan akan turun dari arah selatan Bogor (Puncak) dan Cianjur hingga menyebar ke arah Depok, Bekasi, Jakarta, serta sebagian Tangerang. Selama Januari, seiring puncaknya musim hujan, wilayah Bogor akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi pagi, siang, hingga malam hari. “Intensitas hujan tinggi akan terjadi pada minggu kedua Januari hingga akhir Januari dan Februari nanti,” terangnya.

Haryudi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3365 seconds (0.1#10.140)
pixels