Bekasi Gelar Car Free Night

Rabu, 31 Desember 2014 - 09:48 WIB
Bekasi Gelar Car Free Night
Bekasi Gelar Car Free Night
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi akan mengadakan car free night pada malam pergantian tahun baru, nanti malam. Rencananya car free night digelar di Jalan Ahmad Yani, BekasiSelatan, Kota Bekasi.

Car free night secara teknis mirip dengan car free day yang diselenggarakan setiap Minggu, hanya yang membedakan kegiatan ini digelar malam hari. Hari bebas kendaraan ini mulai digelar pada pukul 23.00 WIB hingga selesai. Car free night ini untuk memberikan ruang kepada masyarakat menyambut malam pergantian tahun. “Ada hiburan, berupa acara musik dan lain-lain, tapi bukan berfoyafoya,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin.

Dengan adanya kegiatan ini, Rahmat berharap masyarakat Kota Bekasi tidak merayakan malam pergantian tahun sampai keluar daerah. “Tidak perlu keluar, misalnya ke Jakarta. Yang ada malah menambah kemacetan nantinya, cukup di Bekasi aja ,” harapnya. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Sopandi Budiman mengatakan, car free night dilaksanakan mulai dari simpang Kayuringin hingga flyover KH Noer Alie Summarecon Bekasi.

“Kendaraan nantinya dialihkan ke Jalan Rawa Tembaga dan Kemakmuran, Bekasi Selatan,” sebutnya. Pengalihan kendaraan itu dilakukan jika car free night sudah diberlakukan. Adapun kantong parkir disediakan di pusat perbelanjaan, serta gang di samping kanandankiri Jalan Ahmad Yani.

Dishub Kota Bekasi menerjunkan personel penuh untuk rekayasa arus lalu lintas di jalan tersebut. Rekayasa lalu lintas tidak jauhberbedadengankegiatan car free day yang digelar setiap minggu. “Kami juga dibantu pihak kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas,” tuturnya. Kaur Pembinaan Operasi Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota Iptu Indira mengatakan, ada lima titik yang diprediksi menjadi titik kumpul massa.

Titik kumpul itu berada di Summarecon, Harapan Indah, Citra Grand Cibubur, Giant Bekasi Barat, Ahmad Yani, dan Bekasi Junction Pasar Proyek. Titik yang diperkirakan padat kendaraan dan masyarakat, yakni Jalan Giant Mega Bekasi Hypermall-Ahmad Yani-Summarecon, dan Harapan Indah. Untuk pengalihan arus dilaksanakan di atas pukul 22.30 WIB atau melihat situasi di lapangan. “Akan dibuat jalur kanalisasi untuk evakuasi petugas bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ujarnya.

Abdullah m surjaya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)