Komik Lokal Semakin Menggeliat

Sabtu, 27 Desember 2014 - 15:42 WIB
Komik Lokal Semakin Menggeliat
Komik Lokal Semakin Menggeliat
A A A
Komik lokal kini mulai menunjukkan geliatnya. Salah satunya adalah re: On Comics, komik buatan komikus Indonesia yang bertujuan membawa komik lokal populer, bahkan menembus kancah internasional. re: ON Comicsmemulai sejarah baru dalam perjalanan industri komik Indonesia.

Komik buatan anak-anak muda Indonesia yang mulai digemari para pencinta komik lokal ini bercita-cita menjadi pusat inkubator bagi komikus dalam negeri untuk berkarya secara profesional. Dengan begitu dapat menghasilkan komik lokal dengan kualitas internasional. “re: On Comicshadir untuk menjadikan komik Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan kami selalu ingin menghadirkan konten yang bermutu bagi pembaca,” ujar Chris Lie, komikus yang juga salah seorang pendiri re: ON Comicssaat dijumpai di kantornya di bilangan Grogol, Jakarta Barat.

Kehadiran media di kantor re: ON Comics adalah untuk melihat proses kreatif pembuatan komik oleh para komikus di majalah kompilasi komik pertama yang dikelola secara profesional ini. Selain Chries Lie, juga ada pendiri re: ONlainnya, yaitu Andik Prayogo . re: ON Comicssudah hadir sejak Juli 2013 dan hingga November 2014 lalu telah menerbitkan 10 volume yang terbit setiap 6 minggu sekali.

Dalam satu volume re: ON Comicsterdapat 6 judul komik di dalamnya. Di Jepang, kompilasi komik seperti ini dikenal dengan nama Weekly Shonen Jump. Saat pertama kali terbit pada Juli 2013 yang lalu, oplah awal re: ON Comicshanyalah 10.000 eksemplar. Saat ini oplah re: ON Comicssudah mencapai 17.000 eksemplar per volumenya dan telah tersebar di toko buku Gramedia seluruh Indonesia, serta minimarket Indomaret khusus region Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta.

Selain versi cetak, re: ON Comicsjuga mempunyai versi online, namun konten dan cerita komiknya berbeda. Selain itu, di versi onlinekini juga menghadirkan komikkomik karya komikus muda yang dikirimkan kepada tim re: ON Comics. Versi onlinedapat diakses di alamat www.reoncomics.comyang saat ini sangat banyak dikunjungi para pencinta komik, baik dari dalam negeri maupun luar negeri hingga melebihi 200.000 page viewsper bulannya.

Komik-komik re: ONterdiri atas berbagai genre, antara lain aksi, komedi, petualangan, fantasi, hingga drama. Ada Grand Legend Ramayanakarya Is Yuniarto, komik ini menceritakan petualangan Rama dan Shinta yang dikemas dalam stylemodern. Lalu, ada komik komedi karangan Andik Prayogo dan Sheila Rooswitha Putri berjudul Lay-Lay Cat,yaitu kucing gendut pembawa keberuntungan yang ternyata tidak pernah berhasil mendatangkan pembeli di toko majikannya.

Selain dua judul tersebut, ada juga komik berjudul Galaumankarya Octo Baringbing dan Ino Septian. Tokoh jagoannya dapat berubah menjadi superhero justru saat dirundung kegalauan. Di samping komik, re: ONjuga menampilkan berbagai rubrik di setiap volumenya, antara lain tips belajar membuat komik, review submisi komik dari para fans, hingga galeri gambar yang dikirim para penggemarnya.

Kini saatnya komik Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Itu karena selain memiliki banyak komikus berbakat, bahkan mendapatkan penghargaan internasional, cerita komiknya tidak kalah dengan komik buatan luar negeri.

Abdurrahman ranala
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)