Uang Rp24,9 Miliar Tumpah di Tol

Jum'at, 26 Desember 2014 - 11:58 WIB
Uang Rp24,9 Miliar Tumpah di Tol
Uang Rp24,9 Miliar Tumpah di Tol
A A A
HONG KONG - Sejumlah kotak berisi uang lebih dari USD2 juta (sekitar Rp24,9 miliar) jatuh dari mobil pengangkut uang di jalan tol Hong Kong pada Rabu (24/12). Uang yang berhamburan di jalanan itu akhirnya menjadirebutanpara penggunajalan.

Akibat itu, lalu lintas di Jalan Gloucester di pusat Hong Kong terhenti seketika. Beberapa pengemudi taksi terlihat bergegas keluar meninggalkan taksinya untuk berebut uang pecahan USD100 yang berceceran di lajur bebas hambatan tersebut. Dari tayangan televisi terlihat banyak pula pejalan kaki yang bersemangat untuk bergabung dengan hura-hara pada malam Natal itu.

Tidak berselang lama petugas keamanan tiba di lokasi kejadian untuk mengamankan keadaan. Menurut perkiraan polisi, uang yang tumpah ke jalan senilai lebih dari USD1,96 juta (Rp24,4 miliar). Polisi belum bisa menyebutkan berapa uang yang berhasil diamankan dan berapa yang dikantongi warga yang kebetulan lewat jalanan tersebut.

“Setiap orang yang menemukan pecahan uang ini harus mengembalikannya ke kantor polisi secepatnya atau mereka akan dianggap sebagai pencuri,” demikian keterangan polisi seperti dilansir Channel News Asia. Wan Siu-hung, pengawas kepolisian, mengatakan, pengemudi mobil uang itu mengendarai mobilnya menuju tempat tujuan. Sekitar 30 menit kemudian dia baru menyadari pintu belakang mobilnya terbuka dan beberapa kotak uang jatuh ke jalanan.

“Ketika mobil itu tiba di tempat tujuannya, mereka menemukan pintu belakang mobil itu dalam keadaan terbuka,” ungkap Hung kepada awak media. Hung menambahkan, melalui nomor seri pada lembaran uang tersebut, polisi segera melakukan penyelidikan. Beberapa pakar hukum mengatakan, orang yang menyimpan pecahan uang dari insiden itu akan dianggap melakukan tindakan pencurian dengan ancaman hukumansekitar10tahunpenjara.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)