Korsel Tingkatkan Keamanan Siber

Rabu, 24 Desember 2014 - 13:51 WIB
Korsel Tingkatkan Keamanan Siber
Korsel Tingkatkan Keamanan Siber
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) kemarin meningkatkan keamanan melawan serangan siber sebagai bagian langkah pemerintah mengantisipasi lemahnya sejumlah informasi online di pembangkit tenaga nuklir.

Kementerian Pertahanan mengatakan, unit perang siber juga sudah ditingkatkan ke dalam level waspada melawan serangan dari Korea Utara (Korut) dan peretas lainnya. Hal itu dilakukan setelah publikasi dalam dua pekan memperlihatkan beragam informasi tentang operator pembangkit nuklir di Twitter.

Dari informasi yang tersebar di Twitter, meliputi desain manual dua reaktor, termasuk informasi pribadi terkait 10.000 pekerja di Korea Hydro and Nuclear Power (KHNP), yang mengoperasikan 23 reaktor nuklir dan menyuplai sekitar 30% kebutuhan energi nasional. Pada 2010, Korsel sudah membentuk unit perang siber.

Jumlahnya mencapai 400 anggota. Langkah itu dilakukan sebagai bagian Korsel melawan ancaman peretas Korut. Harapannya, kemampuan tersebut saat ini mampu meningkatkan perlawanan. “Kami juga meningkatkan status keamanan siber nasional, militer juga mengambil langkah waspada,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Kim Min-seok, dikutipAFP. Peningkatan keamanan juga dilakukan Kementerian Energi.

Sugeng wahyudi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)