Penemuan Terbaik 2014

Selasa, 23 Desember 2014 - 13:09 WIB
Penemuan Terbaik 2014
Penemuan Terbaik 2014
A A A
Ilmu pengetahuan terus berkembang seiring kemajuan teknologi. Majalah TIME mencatat setidaknya ada 25 penemuan ilmu pengetahuan terbaik sepanjang 2014. Berikut adalah daftar 10 besar penemuan terbaik itu.

Sejumlah tokoh penemu Pengubah sejarah

Leonardo Da Vinci

Leonardo da Vinci adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern

Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil. Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison (lahir 11 Februari 1847-meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun) adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Yang paling fenomenal adalah penemuan bola lampu

Nikola Tesla

Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat. esla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi t erbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel, dan daya listrik.

Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi

Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi adalah seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, Dia terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio".

Galileo Galilei

Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari.

Isaac Newton

Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik

Konrad Zuse

Adalah seorang Jerman insinyur sipil, penemu dan perintis komputer. Pencapaian terbesarnya adalah komputer penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 yang mulai beroperasi Mei 1941

Penemuan Terbaik 2014

1. Skateboard tanpa roda "Hoverboard"

Sebuah perusahaan teknologi, Hendo Hoverboard yang bermarkas di Los Gatos, California, Amerika Serikat berhasil mewujudkan skateboard melayang yang terinspirasi dari film legendaris Back to The Future. Skateboard melayang alias tanpa roda pertama di dunia ini diberi nama Hoverboard.

2. Wahana antariksa "Mangalyaan"

Mangalyaan adalah salah satu wahana antariksa berbiaya paling murah asal India yang diluncurkan sejak 2013 dan berhasil masuk ke orbit Mars pada Rabu, 24 September 2014. Atas keberhasilan itu India menjadi negara Asia pertama yang menempatkan satelit di orbit Mars.

3. Reaktor fusi nuklir "High-beta"

Fusi nuklir dipercaya mampu menghasilkan 10 juta kali energi lebih banyak dibandingkan pembangkit listrik tenaga fosil. Perusahaan Lockheed Martin mengklaim telah menghasilkan terobosan teknologi yang memungkinkan penciptaan reaktor pertama yang cukup kecil untuk muat di belakang truk dalam beberapa dekade ke depan.

4. Listrik nirkabel "Witricity"

Seorang ilmuwan Dr Katie Hall yang sekarang menjabat Chief Technology Officer di WiTricity Corporation berhasil mengembangkan cara-cara untuk mentransfer energi listrik tanpa menggunakan kabel

5. Printer tiga dimensi "3D Systems"

Printer tiga dimensi adalah printer generasi terbaru yang dapat mencetak mainan, suku cadang mesin, hingga permen dan cokelat. Teknologi dari Printer tiga dimensi inilah yang membuat semuanya langsung dicetak melalui printer.

6. Jam tangan pintar "Apple Watch"

Jam tangan pintar buatan Apple ini memiliki bagian muka berbentuk persegi dengan sudut-sudut membulat. Apple Watch tersedia dalam dua ukuran utama. Namun, ukuran ini bisa divariasikan dengan berbagai jenis casing dan sabuk, mulai dari sabuk bahan logam hingga karet.

Perangkat ini memiliki sebuah sekrup serupa jam tradisional di sisi kanannya. Sekrup yang dipanggil "digital crown" ini digunakan untuk keperluan navigasi. Di sisi belakang Apple Watch, terdapat aneka sensor yang mengumpulkan berbagai data dari tubuh pengguna.

7. Smartphone Android "Blackphone"

Blackphone merupakan ponsel yang menawarkan fitur keamanan serta privasi tinggkat tinggi. Ponsel ini memprioritaskan pada perlindungan data serta privasi penggunanya. Blackphone merupakan hasil kerjasama dua perusahaan patungan yaitu Silent Circle asal Amerika Serikat dan Geekphone asal Spanyol.

8. Kotak es "Coolest Cooler"

Coolest cooler (kotak pendingin piknik) generasi kedua ciptaan Ryan Grepper ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk sebagai alat pendingin menyimpan minuman dan makanan supaya tetap dingin, ditambah dengan fitur blender, bluetooth speaker, USB charger, alat pembuka botol, dua roda untuk mudah ditarik kemana-mana, piring plastik, meja potong, dan lainnya.

9. Cip "Lumo Lift"

Perangkat yang bisa dipakai di dalam baju untuk memonitor posisi tubuh dan aktivitas fisik penggunanya. Alat ini akan bergetar jika posisi tubuh penggunanya tidak baik, dan jika terkoneksi dengan smartphone, ia akan memunculkan avatar yang menunjukkan bahwa pengguna harus mengubah posisi tubuhnya.

10. Mobil listrik "BMW i3"

BMW i3 merupakan mobil listrik buatan Jermam. Mobil ini lebih efisien daripada mobil berbahan bakan bensin. BMW i3 mampu menyajikan setara 124 mil per gallon namun dalam versi listrik murni. BMW i3 hadir dalam dua versi berbeda yang keduanya memiliki mesin bertenaga listrik. Jika pada versi murni, BMW i3 hanya mampu menjelajah 80 – 100 mil, maka untuk versi extended bisa mencapai lebih dari 150 mil.

Tongsis

Tongkat Narsis (tongsis) masuk dalam urutan no 18 sebagai salah satu penemuan terbaik 2014. TIME menyatakan bahwa tongsis menghadirkan nilai sejati untuk kehidupan masyarakat modern. Banyak orang menggunakan tongsis untuk keperluan selfie yang kian hari kian digandrungi, baik itu oleh masyarakat umum, selebriti, hingga pejabat.

Apa Itu Tongsis?

Tongkat narsis atau tongkat eksis atau disingkat tongsis (: Selfie stick) adalah alat yang digunakan untuk dari jarak jauh yang berupa tongkat yang dapat dipanjangkan dengan di ujung tongkat terdapat tempat untuk menaruh telepon selular atau perangkat portabel lainnya.

Alat ini merupakan modifikasi dari (monopod). Tongsis ramai digunakan seiring perkembangan telepon selular yang semakin beragam. Alat ini pertama kali diciptakan dan dipatenkan oleh Anindito Respati Giyardani asal Tongsis masuk sebagai salah satu dari 25 penemuan terbaik dunia 2014 versi Majalah Time

Penemu Tongsis
Anindito Respati Giyardani
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)