WOW, Indonesia Concert

Minggu, 14 Desember 2014 - 11:56 WIB
WOW, Indonesia Concert
WOW, Indonesia Concert
A A A
Konser bertajuk Indonesia Wonder of World (WOW) di Pacific Place, Ritz Carlton, Kamis (11/12) itu memukau. Siapa lagi kalau bukan grup Slank dan JKT48 yang bikin geger.

Bukan saja irama dan alunan musik yang menghentak, melainkan kolaborasi unik dibalut konsep dari Sabang sampai Marauke juga membakar emosi. Penampilan Slank memukau. Slank menggebrak dengan lagu Mars Slankers dan Lo Harus Gerak. Konser dilanjutkan dengan lagu Lembah Baliem yang berkolaborasi dengan tarian Papua. Lagu ini mengisahkan tatanan sosial masyarakat yang mendiami lebah Baliem.

Tak hanya itu, syair-syairnya juga serempet mengkritik proses pembangunan yang membuat masyarakat di lembah ini menjadi sekadar objek penderita pembangunan. Tak heran bila dihayati sungguh-sungguh lagu ini membakar emosi. Apa lagi di sela-sela penampilan Slank sering menyoroti isu-isu sosial politik seperti isu pemerataan pembangunan, ketidakadilan, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang kerap jadi korban majikan, juga isu perdamaian di daerah konflik.

Slank menghadirkan rasa keindonesiaan ketika membawa lagu-lagu daerah dengan kolaborasi berbagai kesenian daerah seperti tari jaipong, akordion melayu, dan godang batak. Sementara itu, JKT48 membawakan lagu Rotation dan Papan Penanda Isi Hati . Grup ini meraih MarkPlus New Wave Marketing Recognition Awards 2013 karena menjadi brand fenomenal yang digemari anak muda.

Helatan Indonesia WOW Concert itu kerja sama Mark-Plus Inc dengan Bank BCA. Acara ini untuk memperlihatkan kepada publik potensi di bidang seni, budaya, dan industri kreatif yang dimiliki Indonesia. ”Konser ini bertujuan memberikan semangat terhadap tourism, budaya, dan ekonomi kreatif di Indonesia. Ini ada meaning-nya bagi Indonesia, bukan hanya konser dua zaman,” ucap Founder & CEO MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya.

Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawan mengatakan, pihaknya menyambut penyelenggaraan Indonesia WOW Concert. Konser ini diharapkan bisa membangkitkan kembali Indonesia WOW ke depan serta membangkitkan kepedulian ekonomi, budaya, dan kreativitas anak muda. ”Kami melihat acaranya ini mempunyai dampak positif,” ucap Inge.

Sinergi ABG

Helatan ini juga didukung Kementerian Kooperasi dan UKM. Sebagai bentuk dukungan, Menteri Kooperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bahkan meluncurkan Galeri Indonesia WOW bersama Founder & CEO MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya. Galeri tersebut akan menampung UKM terpilih untuk dibina oleh para kurator yang kompeten di masingmasing bidang.

Ia menambahkan, akan ada berbagai industri yang mendapatkan kesempatan untuk dibina sehingga tidak hanya menjadi UKM yang kreatif, tapi juga produktif dan dapat bersaing di pasar internasional. Industri tersebut meliputi pasar barang seni, seni kerajinan, disain, fashion , video, film, fotografi, penerbitan dan percetakan, kuliner, dan musik.

Galeri ini akan berada di Gedung Small and Medium Enterprise and Cooperatives (SMESCO) sebagai pusat promosi koperasi dan UKM. Gedung ini akan menjadi tempat kolaborasi ekonomi kreatif antara tiga komponen yaitu artist, business, dangovernment (ABG). ”Nanti di sana akan bertemu anak muda, wanita, artis, dan pengusaha,” ujarnya. Konser Indonesia WOW diharapkan dapat memberikan semangat baru dalam membangun Indonesia sehingga menciptkakan rasa optimistis bahwa Indonesia akan menjadi semakin WOW pada tahun mendatang.

Donatus nador
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6308 seconds (0.1#10.140)