Kapal Selam Nazi di Laut Jawa Tak Utuh

Kamis, 11 Desember 2014 - 17:03 WIB
Kapal Selam Nazi di Laut Jawa Tak Utuh
Kapal Selam Nazi di Laut Jawa Tak Utuh
A A A
JAKARTA - Bangkai kapal selam milik Nazi, Jerman yang ditemukan di laut Jawa dalam kondisi tidak utuh. Diduga, bangkai kapal selam milik Nazi itu berjenis U-Boat atau Unterseeboot masa perang dunia II.

Komandan Detasemen 3 Tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmaritim Surabaya TNI AL Mayor Laut (P) Yudo Ponco menyampaikan, bagian kapal yang tersisa hanya sepanjang sekira 30 meter.

"Banyak lubang besar maupun kecil," jelas Yudo di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).

Dia menduga banyak bagian atau isi kapal selam telah dicuri. Maka itu, dirinya yakin sudah ada penyelam sebelumnya ke bangkai kapal selam tersebut. "Sepertinya sudah banyak penyelam yang lebih dulu datang," tukasnya.

Penemuan bangkai kapal selam milik Nazi itu berawal dari pemberitaan di media yang menyebutkan ada kapal selam di laut Jawa.

Kemudian, pihaknya dibantu beberapa penyelam alam membentuk tim untuk melakukan ekspedisi kecil. Tim, berangkat dari Jakarta menuju Surabaya dengan menggunakan kapal Feri, 30 Mei 2014.

Tiba di tujuan pertama, Jepara, mereka melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kayu ke perairan Jawa. "Sebab, cuma kapal kayu yang jadi sarana untuk menuju lokasi kapal selam itu," terangnya.‬

Selama sepuluh jam perjalanan, mereka tiba di lokasi. Mereka akhirnya menemukan bangkai kapal selam tersebut dibantu alat deteksi sonar. Hingga saat ini bangkai kapal selam itu masih berada di lokasi penemuan. "Ditemukan sebuah objek besar di kedalaman 25 meter," tandasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5532 seconds (0.1#10.140)