Kapal Selam Nazi Ditemukan, Pemerintah Segera Keluarkan Keppres

Kamis, 11 Desember 2014 - 15:52 WIB
Kapal Selam Nazi Ditemukan, Pemerintah Segera Keluarkan Keppres
Kapal Selam Nazi Ditemukan, Pemerintah Segera Keluarkan Keppres
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan menjadikan bangkai kapal selam milik Nazi, Jerman yang ditemukan di Laut Jawa sebagai cagar budaya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Indroyono Soesilo mengatakan, pihaknya segera menyiapkan peraturan untuk mempermudah kapal-kapal wisata asing datang ke wilayah Indonesia.

Salah satu tujuan dari Keputusan Presiden (Keppres) itu, agar wisatawan asing bisa mengunjungi bangkai kapal selam Nazi Jerman itu. Harapannya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat bisa meningkat.

"Salah satu gagasan Pemerintah Indonesia saat ini sebagai poros maritim dunia," ujar Indroyono kepada perwakilan Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia, di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).

Rencana ini disampaikan setelah mendengar pemaparan atau laporan dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmaritim Surabaya TNI AL atas penemuan bangkai kapal selam tersebut.

Maka itu, Pemerintah Jerman diharapkan bisa mendukung gagasan poros maritim ini. Apalagi, lanjutnya, Indonesia dengan Jerman bersahabat.

"Insya Allah Keppres kapal-kapal wisata akan dimudahkan. Dulu mengurus izin tiga minggu sampai sebulan, rencananya akan dibuat online dan hanya sehari," jelasnya.

Bangkai kapal selam milik Nazi, Jerman yang ditemukan Kopaska di Laut Jawa diduga jenis U-Boat atau Unterseeboot miliki Jerman masa perang dunia II.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1933 seconds (0.1#10.140)