Hadiri Mukernas PPP, Mbah Moen Serukan Islah

Kamis, 11 Desember 2014 - 12:07 WIB
Hadiri Mukernas PPP, Mbah Moen Serukan Islah
Hadiri Mukernas PPP, Mbah Moen Serukan Islah
A A A
JAKARTA - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi dibuka di Jakarta tadi malam. Sebanyak 29 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hadir pada kegiatan yang akan berlangsung hingga 13 Desember 2014 itu.

Mukernas yang mengambil tema “Satu PPP untuk Indonesia” itu dibuka oleh Ketua DPP PPP versi Muktamar Jakarta Djan Faridz. Dalam sambutan Djan mengingatkan pentingnya posisi mukernas dalam melahirkan keputusan penting untuk partai.

“Mukernas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi di bawah muktamar. Karena itu, acuan kita di dalam mukernas adalah bagaimana seluruh ketetapan Muktamar VIII PPP bisa dijalankan,” ucapnya. Menurut Djan, tema Mukernas PPP menandakan keinginan kuat pihaknya untuk terus berikhtiar menyatukan partai yang saat ini dilanda perpecahan.

Djan juga meminta kepada pengurus DPW untuk tenang dan tidak panik atas teror dan intimidasi yang dilakukan pihak tertentu. Dia menegaskan, posisi PPP berada di Koalisi Merah Putih (KMP). Menurut mantan menteri perumahan rakyat tersebut, menjadi penyeimbang maupun berada di pemerintahan sama mulianya.

“Oposisi bukan sesuatu yang diharamkan selama kepemimpinan tidak mengkhianati amanah rakyat. Yang pasti prinsip perjuangan PPP amar maruf nahi munkar,” tuturnya. Ketua Majelis Syariah PPP Maimoen Zubair yang hadir pada pembukaan muktamar mengatakan, mukernas yang digelar kubu Djan itu telah sesuai amanat Muktamar Jakarta.

“Mukernas ini juga satu-satunya mukernas yang diputuskan Mahkamah Partai. Jadi saya mengikuti (datang),” ujar pria yang akrab disapa Mbah Moen tersebut. Sesepuh PPP itu menjelaskan, dengan melakukan mukernas, langkah PPP ke depan semakin jelas yakni menyelamatkan partai dari perpecahan. “Kami wajib menyelamatkan partai ini dan langkah islah tetap dibuka,” katanya.

Sementara itu, Ketua Organizing Committee (OC) Mukernas I PPP Ibnu Hajar Dewantara menjelaskan, 29 DPW yang hadir sesuai daftar absensi dalam mukernas. Ada 2 DPW yang tidak memberikan konfirmasi, 2 DPW berhalangan hadir, dan 1 DPW baru terbentuk.

Menurutnya, rangkaian acara mukernas akan diisi dengan diskusi yang menghadirkan sejumlah tokoh antara lain mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, pakar hukum tata negara Margarito Kamis, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dan Ketua Mahkamah PPP Chozin Chumaidy.

Pada pembukaan Mukernas I PPP tadi malam sejumlah tokoh Partai Kakbah hadir di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan DPP Suryadharma Ali, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Dimyati Natakusumah, serta Ketua Fraksi PPP DPR Epyardi Asda.

Dari partai politik KMP, hadir Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB), Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Akbar Tanjung, dan dua Wakil Ketua Umum Golkar Fadel Muhammad serta Nurdin Halid. Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) diwakili Ketua DPP A Bakrie dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diwakili Habib Al Habsy.

Dian ramdhani
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6952 seconds (0.1#10.140)