Korban Tewas Topan Hagupit Meningkat

Selasa, 09 Desember 2014 - 11:08 WIB
Korban Tewas Topan Hagupit Meningkat
Korban Tewas Topan Hagupit Meningkat
A A A
MANILA - Jumlah korban tewas akibat Topan Hagupit yang melanda Filipina menjadi 27 orang. Korban yang sebagian besar berasal dari Desa Borongan, Samar Timur tersebut tewas karena berbagai sebab terkait dampak topan.

Hagupit yang datang dari Samudera Pasifik dengan status topan kategori tiga berputarputar di seluruh Pulau Samar dan menuju ke Pulau Masbate di sebelah timur Filipina. Efek badai ini terasa hingga ke Filipina tengah termasuk Pulau Leyte dan Luzon yang terletak di selatan.

Desa Borongan di Pulau Samar menjadi daerah yang mengalami kerusakan paling parah dengan lebih dari 2.500 rumah hancur dan jaringan komunikasi serta listrik terputus. Pasar keuangan, sekolah, dan sebagian kantor tutup. Sebagian besar masyarakat sudah dievakuasi ke tempat penampungan.

Kendati banyak infrastruktur hancur, Pemerintah Filipina mengatakan, kerusakan ini tidaklah begitu parah jika dibandingkan dengan badai super Haiyan tahun lalu. Masalah Filipina selanjutnya adalah mengatasi menipisnya stok pangan lantaran sejumlah toko melakukan penimbunan.

Dilansir dari Reuters, Menteri Pertanian Filipina Proceso Alcala melaporkan, Topan Hagupit telah menimbulkan kerusakan di beberapa wilayah persawahan dan lahan jagung Filipina dengan kerugian mencapai USD22 juta. Stok beras yang ada tidak akan cukup untuk menyuplai korban topan.

Meski masih menghadapi banyak kendala, PBB dan Palang Merah Internasional memuji Pemerintah Filipina menangani Topan Hagupit. Juru bicara Koordinator Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB untuk Asia-Pasific Orla Fargan melayangkan pujian kepada otoritas Filipina yang mengingatkan masyarakat terpencil ketika bencana mendekat. Ini disinyalir berhasil meminimalisasi jumlah korban tewas. ”Pemerintah sangat terlibat dalam proses sebelum, selama, dan sesudah bencana,” kata Fargan.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)