Rutin Ganti Bantal Cegah Alergi

Minggu, 07 Desember 2014 - 10:49 WIB
Rutin Ganti Bantal Cegah Alergi
Rutin Ganti Bantal Cegah Alergi
A A A
Ilmuwan dari Institut Sleep to Live di Mebane, North Carolina, Amerika Serikat punya rahasia sederhana untuk menghindari bersin-bersin setiap bangun tidur yang kerap dialami banyak orang.

Caranya, rutinlah ganti bantal setiap enam bulan sekali. Menurut Robert Oexman, flu yang muncul seusai bangun tidur bisa jadi merupakan alergi tungau, binatang semacam kutu. Tungau bersarang di bantal. “Bantal yang digunakan hingga enam bulan lebih menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, sel kulit mati, debu, dan tungau. Ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan memicu reaksi alergi,” katanya.

Rutin mengganti bantal juga dapat memperbaiki kualitas tidur. Dengan bantal yang baik, pemakaiannya dapat mendapatkan kenyamanan sehingga ketika bangun, badan biasanya terasa bugar. “Semakin mengempis, bantal tidak dapat menyangga leher dengan baik,” ujar Oexman. Hal senada diungkapkan Mark R Neustrom, dokter ahli alergi dari Kansas City Allergy and Asthma Associates. Menurutnya, tungau menjadikan kasur, tempat tidur, bantal, selimut hingga karpet sebagai habitat mereka.

“Jika bantal tidak diganti, alergi ringan bisa berubah menjadi alergi akut,” tuturnya. Neustrom menambahkan, hal lain yang harus diperhatikan adalah cuci bantal tidur Anda setiap dua bulan dan kemudian dijemur di bawah terik matahari untuk mengurangi populasi kuman dan serangga.

Dina angelina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5210 seconds (0.1#10.140)