Tanaman Berbuah Tomat dan Kentang

Kamis, 27 November 2014 - 11:11 WIB
Tanaman Berbuah Tomat dan Kentang
Tanaman Berbuah Tomat dan Kentang
A A A
Tanaman biasanya hanya menghasilkan satu jenis buah. Tapi, di Inggris ada satu tanaman yang bisa menghasilkan dua jenis buah berbeda yakni tomat dan kentang.

Ini sungguh inovasi yang langka karena dua jenis buah tersebut proses berbuahnya sama sekali berbeda. Tomat berbuah di ujung atas tanaman sedangkan kentang dihasilkan di bagian bawah tanaman alias di dalam tanah. Di Inggris, inovasi produk pertanian yang dinamai Tom-Tato ini sedang dikembangkan.

Sebuah perusahaan holtikultura Thompson and Morgan menyebutkan, tumbuhan ini bukan merupakan hasil modifikasi genetik. Tumbuhan serupa juga banyak dikembangkan di Inggris, namun perusahaan Thompson and Morgan yang berdiri sejak 1855, dipercaya untuk memproduksi TomTato dalam skala besar untuk diperdagangkan.

Anggota Komunitas Hortikultura Kerajaan Inggris (RHS) Guy Barter mengatakan, produk TomTato dihasilkan dari teknik okulasi, yakni menempelkan sepotong kulit pohon yang bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru.

“Kami sangat tertarik dengan hasil ini. TomTato merupakan tumbuhan bernilai tinggi,” ungkap Barter, seperti dilansir BBC. Direktur Thompson and Morgan Paul Hansord menyatakan, tomat hasil okulasi ini rasanya lebih enak dari kebanyakan tomat yang dijual di pasaran.

Dibutuhkan waktu satu dekade untuk mengembangkan tanaman ini. Tanaman ini bertahan selama satu musim. Dan, ketika buah tomat siap dipetik, kentangnya pun sudah dapat dipanen. Di New Zealand, produk serupa juga ada dengan nama Potato Tom.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4248 seconds (0.1#10.140)